Penulis Utama : Isma Putri Ariyanti
NIM / NIP : K7516041
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi budaya kerja organisasi di Kantor Pertanahan ATR/BPN Sukoharjo, mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam penerapan budaya kerja organisasi di Kantor Pertanahan ATR/BPN Sukoharjo dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data berasal dari informan/narasumber, peristiwa, serta dokumen dan arsip yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dam analisis dokumen. Validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif melalui proses sebagai berikut: (1) Pengumpulan Data; (2) Reduksi Data; (3) Penyajian Data; (4) Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Prosedur penelitian yang ditempuh peneliti antara lain: (1) Tahap sebelum ke lapangan (pra lapangan); (2) Tahap penelitian lapangan; (3) Tahap analisis Data; dan (4) Tahap Penulisan Laporan.
Hasil penelitian di Kantor Pertanahan ATR/BPN Sukoharjo budaya kerja yang berlaku adalah budaya Tepat Waktu, Tepat Kinerja, dan Tepat Sasaran kemudian budaya tersebut dikuatkan oleh Keputusan Kepala BPN RI Nomor 277/KEP-7.1/VI/2012 tentang Sapta Tertib Pertanahan dimana isinya lebih terperinci, namun dalam prosesnya budaya kerja ini kurang dapat dilaksanakan oleh beberapa pegawai kantor hal ini terjadi karena peraturan yang berlaku kurang bisa ditegaskan terhadap ketidaktertiban serta upaya penerapan budaya kerja  yang kurang maksimal. Metode penerapan budaya kerja organisasi di Kantah ATR/BPN Sukoharjo dilakukan melalui: (1) Pendekatan kekeluargaan, (2) Pembinaan Pegawai, (3) Pelatihan Pegawai, (4) Pengawasan dan Evaluasi. Adapun budaya kerja tersebut dilaksanakan sesuai dengan asas-asas nilai dasar budaya kerja seperti asas tujuan, asas konsensus, asas keunggulan, asas kesatuan, asas prestasi, asas empirik, asas keakraban, dan asas integritas. Hambatan dalam implementasi budaya kerja di Kantor Pertanahan ATR/BPN Sukoharjo antara lain: (1) Perbedaan karakter individu; (2) Adanya pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan tepat waktu; (3) Ketidakpahaman terhadap instrumen; (4) Rasa sungkan memberi teguran pada pegawai senior. Adapun upaya untuk menghadapi hambatan-hambatan tersebut antara lain: (1) Membangun komitmen pegawai; (2) Pembentukkan kelompok kerja; (3) Pembinaan dan Pengarahan; (4)Evaluasi Berkala.

Kata kunci : Kualitatif, Budaya Kerja, Budaya Organisasi, Perilaku Organisasi, Kantor Pertanahan Atr/Bpn

 

×
Penulis Utama : Isma Putri Ariyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7516041
Tahun : 2020
Judul : Analisis Implementasi Budaya Kerja Organisasi (Studi Kasus di Kantor Pertanahan ATR/BPN Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP, Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K7516041-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Tri Muwarningsih, M.Si.
2. Dr. Cicilia Dyah Sulistyaningrum I, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.