Penulis Utama : Mesiana Listiawati
NIM / NIP : K7516047
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya: (1) pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha di Mahasiswa FKIP UNS (2) pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap minat berwirausaha di Mahasiswa FKIP UNS, dan (3) pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan pemanfaatan media sosial secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha di Mahasiswa FKIP UNS.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP UNS yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan terdiri dari 24 Program Studi yang berjumlah 1863 mahasiswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan menggunakan aplikasi randomizer+ yaitu sebanyak 96 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IMB SPSS 24.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif yang signifikan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dibuktikan dengan (thitung = 3,087 > ttabel = 1,9855) (2) ada pengaruh positif yang signifikan pemanfaatan media sosial terhadap minat berwirausaha dibuktikan dengan (thitung = 5,033 > ttabel = 1,9855) dan (3) ada pengaruh positif  yang signifikan pembelajaran kewirausahaan dan pemanfaatan media sosial secara bersama-sama terhadap minat  berwirausaha dibuktikan dengan (Fhitung = 26,294 > Ftabel = 3,09). Persamaan regresi yang diperoleh yaitu ? =19,386+0,284X_1+0,500X_2. Hal tersebut menunjukkan bahwa setiap peningkatan atau penurunan X1 sebesar 1 satuan akan diikuti peningkatan atau penurunan Y sebesar 0,248. Demikian halnya dengan setiap peningkatan atau penurunan X2 sebesar 1 satuan akan diikuti dengan peningkatan atau penurunan Y sebesar 0,500.

Kata Kunci: Pembelajaran Kewirausahaan, Pemanfaatan Media Sosial, Minat Berwirausaha.

 

×
Penulis Utama : Mesiana Listiawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7516047
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha di Mahasiswa FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP, Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K7516047-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Cicilia Dyah Sulistyaningrum I, M.Pd
2. Susantiningrum, SPd.,SE.,M.A.B
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.