Penulis Utama : Shafarina Ayu Fadilla
NIM / NIP : K7516064
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Admnistrasi Perkantoran FKIP UNS; (2) pengaruh teman sebaya terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Admnistrasi Perkantoran FKIP UNS; dan (3) pengaruh persepsi profesi guru dan teman sebaya secara bersama-sama terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS tahun angkatan 2016, 2017 dan 2018 yang berjumlah 226 mahasiswa dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dan analisis dokumen. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (3,661 > 1,97681) pada taraf signifikansi 5%; (2) terdapat pengaruh teman sebaya terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (6,644 > 1,97681) pada taraf signifikansi 5%; dan (3) terdapat pengaruh persepsi profesi guru dan teman sebaya secara bersama-sama terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (23,668 > 3,06) pada taraf signifikansi 5%. Variabel persepsi profesi guru (X1) terhadap minat menjadi guru (Y) memberikan sumbangan relatif sebesar 14,4% dan sumbangan efektif sebesar 3,6%. Variabel teman sebaya (X2) terhadap minat menjadi guru (Y) memberikan sumbangan relatif sebesar 85,6% dan sumbangan efektif sebesar 21,4%.

Kata kunci: Persepsi Profesi Guru, Teman Sebaya, Minat Menjadi Guru

 

×
Penulis Utama : Shafarina Ayu Fadilla
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7516064
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP, Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K7516064-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Heri Sawiji, M.Pd.
2. Dr. Tri Muwarningsih, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.