Penulis Utama : Alendra Panji Pranata
NIM / NIP : E0016026
×

ABSTRAK

Alendra Panji Pranata. 2020. E0016026. PENERAPAN ASAS KESEIMBANGAN DALAM PERJANJIAN KERJASAMA GRABFOOD ANTARA PT SOLUSI TRANSPORTASI INDONESIA (GRAB) DENGAN MERCHANT. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum. Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan permasalahan mengenai penerapan asas keseimbangan dalam perjanjian kerjasama GrabFood antara GRAB dengan merchant. Perjanjian kerjasama yang ditawarkan oleh GRAB berbentuk perjanjian baku yang dibuat oleh pihak GRAB saja sehingga dapat mengakibatkan posisi tidak seimbang yang dapat memberatkan pihak lainnya dikemudian hari apabila tidak diterapkannya asas keseimbangan degan benar.

Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif bersifat deskriptif. Jenis bahan hukum meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, instrumen yang digunakan berupa naskah perjanjian kerjasama GrabFood yang kemudian dikaji dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan asas keseimbangan dalam perjanjian kerjasama antara GRAB dengan merchant sudah seimbang, meskipun terdapat klausla eksonerasi dimana pihak GRAB melepas tanggungjawabnya dalam pemenuhan ganti kerugian yang pada dasarnya tidak sesuai dengan asas keseimbangan. Namun, pada penerapan klausula eksonerasi tersebut masih diperbolehkan untuk diterapkan karena tidak termasuk eksonerasi yang dilarang. Untuk menciptakan keseimbangan dalam keadaaan pihak merchant merasa dirugikan dalam penerapan perjanjian dapat dilakukan dengan pengaduan kepada pihak GRAB untuk dimusyawarahkan bersama.

Kata Kunci : ASAS KESEIMBANGAN, PERJANJIAN KERJASAMA, PERJANJIAN BAKU

×
Penulis Utama : Alendra Panji Pranata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016026
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Asas Keseimbangan Dalam Perjanjian Kerjasama Grabfood Antara Pt Solusi Transportasi Indonesia (Grab) Dengan Merchant
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Ilmu Hukum- E0016026-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Moch Najib Imanullah, S.H., M.H., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.