Penulis Utama : Jelly Tunggal Dewiningsih
NIM / NIP : K7615030
×

Abstrak

Inovasi pembelajaran dengan memadukan antara perkuliahan tatap muka secara langsung dan perkuliahan e-learning yang disebut Blended Learning menjadi solusi pendidikan di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara persepsi dan kepuasan mahasiswa pada proses pembelajaran model blended learning terhadap nilai IP yang diperoleh dengan nilai IPK sebagai covariat di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Sampel merupakan mahasiswa UNY sebanyak 385 orang meliputi D3,D4, S1 dan Pascasarjana yang dipilih dengan metode incidental sampling. Variabel dalam penelitian ini meliputi: 1) prestasi belajar/ IP sebagai variabel terikat (Y); 2)  Persepsi (X1); 3) Kepuasan Mahasiswa (X2); dan 4) Indeks prestasi kumulatif (IPK) sebagai kovariat. Data penelitian diperoleh menggunakan angket dengan skala likert yang diisi oleh responden. Angket terdiri dari 25 item pertanyaan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan ancova pada taraf kepercayaan 95% atau alpha = 0,05. Uji prasyarat ancova meliputi uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden telah puas dan nyaman pada proses pembelajaran blended learning. Sebanyak 2,08% responden memperoleh IP yang memuaskan, 55,32%  memperoleh IP sangat memuaskan, dan 40,52% memperoleh IP dengan pujian. Hasil uji ancova memperlihatkan bahwa IPK sebagai covariat berpengaruh signifikan terhadap IP dengan nilai sig value sebesar 0,000. Secara simultan persepsi dan kepuasan mahasiswa pada proses pembelajaran model blended learning memberikan pengaruh positif yang nyata/signifikan pada besarnya nilai IP yang didapat (sig value = 0,000). Secara parsial persepsi kenyamanan pada proses pembelajaran model blended learning berpengaruh positif  dan signifikan terhadap besarnya nilai IP yang didapat (sig value = 0,000). Secara parsial persepsi keterlibatan mahasiswa pada proses pembelajaran model blended learning berpengaruh positif dan signifikan pada besarnya nilai IP yang didapat (sig value=0,000).Secara parsial persepsi pembelajaran  mahasiswa pada proses pembelajaran model blended learning berpengaruh positif dan signifikan pada besarnya nilai IP yang didapat (sig value= 0,000). Kontribusi variabel persepsi dan kepuasan pada IP mahasiswa adalah sebesar 59%. Model regresi yang diperoleh adalah Y = 1,483 + 1,422(X1) + 0,094(X2)+ 0,336

Kata kunci : Persepsi, Kepuasan, Prestasi Belajar (Ip), Ipk, Blended Learning.

 

×
Penulis Utama : Jelly Tunggal Dewiningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7615030
Tahun : 2020
Judul : Persepsi dan Kepuasan Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran Model Blended Learning Terhadap Prestasi Belajar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K7615030-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Aniek Hindrayani, S.E, M.Si
2. Jonet Ariyanto Nugroho, S.E., M.M
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.