Penulis Utama : Risyad Fatkhurrohman
NIM / NIP : K7615045
×

Abstrak

Ledakan informasi mengakibatkan banyak pilihan informasi: informasi benar dan informasi tidak benar sehingga perlu kemelekan informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh pemanfaatan perpustakaan  dan penggunaan media smartphone terhadap kompetensi literasi informasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi. (2) pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap kompetensi literasi informasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi. (3) pengaruh penggunaan media smartphone terhadap kompetensi literasi informasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi .
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif. Subjek penelitian adalah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2015 hingga 2018 dengan populasi 271 mahasiswa. Jumlah sampel dari penelitian ini adalah 162 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan proportionate stratified random sampling dan teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan angket dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan SPSS dengan rumus Korelasi Product Moment Pearson dan Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan pengujian prasyarat analisis (uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, heterokedastisitas) dilanjutkan dengan pengujian hipotesis (uji regresi berganda, uji F, uji t, koefisien determinasi).
Hasil dari penelitian ini (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dan penggunaan media smartphone terhadap kompetensi literasi informasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi dibuktikan melalui hasil uji F yaitu Fhitung  53,245 lebih besar dari Ftabel yaitu 3,052. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap kompetensi literasi informasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi dibuktikan melalui hasil uji t yaitu thitung 6,032 lebih besar dari ttabel yaitu 1,975. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi antara penggunaan media smartphone terhadap kompetensi literasi informasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi dibuktikan melalui hasil uji t yaitu thitung 4,817 lebih besar dari ttabel yaitu 1,975. Implikasi penelitian: (1) Menciptakan keberaksaraan yang berbasis keterampilan dalam berbagai bidang ilmu melalui literasi informasi. (2) Mahasiswa belajar secara mandiri melalui pemanfaatan perpustakaan dan penggunaan media smartphone.

Kata Kunci : Pemanfaatan perpustakaan, penggunaan media smartphone , kompetensi literasi informasi.

 

×
Penulis Utama : Risyad Fatkhurrohman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7615045
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Penggunaan Media Smartphone Terhadap Kompetensi Literasi Informasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K7615045-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mintasih Indriayu, M.Pd
2. Dr. Sudarno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.