Penulis Utama : Dias Kartika Sari
NIM / NIP : B3217015
×

ABSTRAK
Dalam laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang pengembangan paket wisata di Desa Wisata Batik Girilayu Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui paket wisata yang saat ini ada di Desa Wisata Batik Girilayu, bagaimana pengembangan terhadap paket wisata di desa ini, dan hambatan yang dijumpai beserta solusinya.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk memperoleh beragam informasi yang berhubungan dengan pengembangan paket wisata di Desa Wisata Batik Girilayu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi secara langsung di lapangan, wawancara secara mendalam, studi pustaka, dan studi dokumen. Data yang telah diperoleh lalu dianalisis secara kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif yang menggambarkan keadaan sesungguhnya di lapangan.
    Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa saat ini terdapat beberapa paket wisata yang dapat dicoba oleh wisatawan jika berkunjung ke Desa Wisata Batik Girilayu. Paket wisata tersebut diantaranya paket membatik, paket membatik yang dikombinasikan dengan ziarah, maupun paket membatik dan Grojogan Sewu. Fasilitas yang didapatkan wisatawan meliputi peralatan dan pelatihan membatik, tutor, tiket masuk, makanan ringan, dan makan siang. Sementara itu, dengan memerhatikan kekuatan dan peluang yang ada tetapi di saat bersamaan juga meminimalkan kelemahan dan ancaman maka dapat disusun beberapa upaya pengembangan paket wisata di desa ini antara lain paket wisata river tubing, Girilayu one day tour package, dan paket wisata berkemah (camping). Beberapa hambatan yang dijumpai adalah mati surinya POKDARWIS, rendahnya kesadaran dan pengetahuan pariwisata yang dimiliki masyarakat, serta pamflet paket wisata yang tidak diperbarui secara berkala. Solusi dari hambatan tersebut yaitu sedang dilakukan reorganisasi POKDARWIS, sejumlah kelompok pembatik yang ada di desa ini berusaha mempelajari pariwisata lebih dalam, dan promosi melalui getok tular, whatsapp, serta pameran.
    Kesimpulan dari penelitian ini yaitu beberapa pilihan paket wisata yang tersedia di desa ini dapat berupa paket membatik saja maupun paket membatik yang dikombinasikan dengan berkunjung ke objek wisata di sekitar desa. Sementara itu, ada 3 upaya pengembangan paket wisata yang bisa dilakukan antara lain paket wisata river tubing, Girilayu one day tour package, dan paket wisata berkemah (camping).
Kata kunci : pengembangan, paket wisata, Desa Wisata Batik Girilayu, Kabupaten Karanganyar

 

×
Penulis Utama : Dias Kartika Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3217015
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Paket Wisata di Desa Wisata Batik Girilayu Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3217015-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jimmi Sandi Prasetyo, S.ST.Par., M.Sc
2. Dra. Isnaini W.W, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.