Penulis Utama : Dyota Bening Arsy Satriyo
NIM / NIP : B3217017
×

ABSTRAK


Tour planner mempunyai peran penting dalam sebuah perusahaan biro perjalanan wisata, dimana seorang tour planner menjadi salah satu orang yang bertugas untuk merencanakan, menghitung dan menyusun sebuah paket wisata yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan. Tugas Akhir ini meneliti tentang peranan tour planner dalam penyusunan paket wisata, paket wisata apa saja yang dijual, serta kendala dan solusi yang dihadapi oleh tour planner pada CV. Alam Wisata Nusantara Surakarta.
Penelitian ini menggunakan analisis dengan cara pendekatan kualitatif untuk mengetahui peranan penting tour plenner dalam menyusun sebuah paket wisata di CV. Alam Wisata Nusantara Surakarta. Metode pengumpulan berupa data-data observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen selama masa on the job training.
Hasil   dari   penelitian   ini   menunjukan   bahwa   seorang   tour   planner mempunyai peran dan tugas dalam menyusun dan merancang sebuah itinerary, merancang detail komponen penting seperti akomodasi, transportasi, makan dan minum, objek dan daya tarik wisata serta biaya operasional, dan merancang biaya perjalanan   wisata   yang  mencakup   komponen   tersebut.   CV.   Alam   Wisata Nusantara Surakarta memiliki beberapa jenis paket wisata yang dijual mulai dari paket  wisata  alam,  paket  wisata  minat khusus hingga  paket  wisata  city  tour. Adapun  kendala  yang  dihadapi  seorang  tour  planner  dalam  menyusun  paket wisata berupa kurangnya update mengenai objek wisata, biaya, dan force mejuere.
Kesimpulan dari penelitian ini di CV. Alam Wisata Nusantara Surakarta mempunyai dua jenis paket wisata yaitu consumer oriented dan product oriented. Paket wisata yang dijual mulai dari paket wisata nature atau alam, paket wisata minat  khusus  dan  paket  wisata  city  tour.  Seorang  tour  planner  mempunyai peranan penting dalam menyusun, membuat, dan menghitung untuk menjadi sebuah paket wisata. Selain itu dalam menghadapi kendala seorang tour planner harus mempunyai tindakan cepat dan tepat, wawasan luas terhadap objek wisata, serta mengetahui keadaan saat ini sangat berpengaruh terhadap paket wisata yang dihasilkan.

Kata  Kunci  :  Peranan,  Tour  Planner,  Paket  Wisata,  CV.  Alam  Wisata
Nusantara Surakarta.
 

×
Penulis Utama : Dyota Bening Arsy Satriyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3217017
Tahun : 2020
Judul : Peranan Tour Planner dalam Penyusunan Paket Wisata di Cv. Alam Wisata Nusantara Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3217017-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jimmi Sandi Prasetyo, S.ST.Par., M.Sc
2. Yusana Sasanti Dadtun, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.