Penulis Utama : Endra Nurcahyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413024
Tahun : 2020
Judul : Analisis Sendratari Ramayana sebagai Sumber Belajar Sejarah
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Sejarah-K4413024-2020
Subyek : SENDRATARI RAMAYANA, KESADARAN SEJARAH, PEMBELAJARAN SEJARAH.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) nilai filosofis yang terkandung   dalam   Ramayana;   (2)   alasan   sendratari   ramayana   prambanan dijadikan media pembelajaran bagi kelas X SMA Negeri Kebakkrama; dan (3) sikap siswa kelas X setelah menyaksikan sendratari Ramayana Prambanan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan guru dan siswa serta berdasarkan observasi dan dokumen hasil kerja siswa.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. (1) dalam kisah ramayana mengandung makna religius-spiritual yang dikemas secara simbolis dan filosofis. Dari tiap episode yang ditampilkan mengandung nilai-nilai baik dalam kehidupan manusia. (2) beberapa alasan sendratari ramayana dijadikan sebagai media pembelajaran bagi kelas X SMA Negeri Kebakkramat diantaranya : karena sendratari ramayana dapat menjadi media penanaman nilai-nilai karakter pada siswa, seperti: religius, jujur, semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan lain sebagainya. (3) siswa setelah menyaksikan sendratari ramayana prambanan, menjadi antusias karena sendratari ramayana tidak hanya menarik perhatian masyarakat Indonesia, namun juga menarik banyak turis asing. Pertunjukan sendratari ramayana dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan baru serta membuka wawasan siswa.

Kata kunci: Sendratari Ramayana, Kesadaran sejarah, Pembelajaran sejarah.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Leo Agung S., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP