Penulis Utama : Fani Annisa
NIM / NIP : B3217019
×

ABSTRAK


Desa Kemujan merupakan desa di Kepulauan Karimunjawa, tepatnya di Pulau Kemujan. Sebagai tempat tinggal berbagai etnis yang memiliki beragam adat-istiadat, budaya dan seni tradisional yang berkembang, terdapat suku Makassar, Bugis, Mandar, Buton, Batak, Madura, dan Jawa. Keberadaan berbagai suku menjadi daya tarik wisata budaya didukung dengan kondisi alam yang masih asri dan potensial untuk dikembangkan menjadi destinasi ekowisata. Sehingga dalam penulisan laporan ini terdapat rumusan masalah yang membahas mengenai upaya pengembangan wisata Desa Kemujan sebagai destinasi ekowisata, kendala pengembangan potensi ekowisata Desa Kemujan, solusi mengatasi kendala yang masih ada terhadap pengembangan potensi ekowisata Desa Kemujan.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sehingga data yang dihasilkan berupa analisis kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Sementara pengumpulan data didapatkan dengan observasi langsung pada lokasi penelitian, wawancara serta studi pustaka dan dokumentasi sebagai bahan pendukung dalam proses penulisan.

Hasil penelitian berupa kajian potensi daya tarik ekowisata di Desa Kemujan dengan acuan pengembangan yang difokuskan pada unsur 4A (Attractions, Amenities, Accesibility, dan Ancillary service), berupa daya tarik budidaya rumput laut, kegiatan konservasi pengelolaan ekosistem terumbu karang, kebudayaan dan tradisi Desa Kemujan, pembuatan minyak VCO (Virgin Coconut Oil), pembuatan kerajinan. Amenitas wisata yang tersedia turut menjaga lingkungan alam dan budaya, mulai penginapan dengan konsep unik hingga menu makan tradisonal. Kemudahan aksesibilitas jalur laut maupun udara. Ancillary service yang mendukung kegiatan ekowisata berbasis alam dan budaya. Namun masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi untuk pengembangan lebih lanjut yang sedikit demi sedikit diselesaikan berkat dukungan pegiat wisata, masyarakat daerah, pemerintah desa dan stakeholder dari berbagai aktivis kegiatan pengabdian.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah aktivitas masyarakat Desa Kemujan mampu mendukung pengembangan destinasi ekowisata berbasis alam dan budaya yang juga melibatkan masyarakat lokal, dan telah cukup memenuhi prinsip ekowisata yang ada. Mulai dari segi atraksi wisata, amenitas yang tersedia, aksesibilitas dan pengelolaan yang menjaga kondisi alam dan budaya asli. Data sesuai dengan hasil penelitian dilapangan melalui wawancara langsung terhadap wisatawan yang berkunjung, pemerintah dan pegiat wisata Desa Kemujan sebagai pngelola wisata.

Kata kunci : Pengembangan, Wisata, Wisata Bahari, Ekowisata, Karimunjawa

 

×
Penulis Utama : Fani Annisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3217019
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Wisata Desa Kemujan sebagai Destinasi Ekowisata si Pulau Kemujan, Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3217019-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST. Par., M.Sc.
2. Amad Saeroji, S.S., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.