Penulis Utama : Vektor Kusuma Yuda
NIM / NIP : K7615055
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan terhadap pengetahuan ekonomi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan membagi Ilmu Ekonomi menjadi tiga kajian yaitu konsep literasi ekonomi, pengetahuan ekonomi mikro, dan pengetahuan ekonomi makro.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta angkatan 2019 berjumlah 79 mahasiwa. Penelitian ini menggunakan data populasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes pengetahuan ekonomi standar nasional Amerika Serikat TEL dan TUCE yang telah diadaptasi dan diterjemahkan disertai dengan dokumentasi variabel lain. Analisis data menggunakan uji t, dan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan tidak berpengaruh terhadap konsep literasi ekonomi (p = 0,1). Selanjutnya latar belakang pendidikan juga tidak berpengaruh terhadap pengetahuan Ekonomi Mikro mahasiswa (p = 0,06). Namun latar belakang pendidikan berpengaruh terhadap pengetahuan Ekonomi Makro mahasiswa (p = 0,03).

Kata kunci    : Latar Belakang Pendidikan, Pengetahuan Ekonomi, Literasi Ekonomi, Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro

 

×
Penulis Utama : Vektor Kusuma Yuda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7615055
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Terhadap Tingkat Pengetahuan Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K7615055-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kristiani, M.Si
2. Muhammad Sabandi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.