Penulis Utama : Farida Arum Ningtias
NIM / NIP : B3217020
×

ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai daya tarik wisata, profil wisatawan, dan kesan wisatawan ketika berwisata di Taman Pakujoyo serta solusi untuk pengembangannya dalam pandangan wisatawan. Dengan harapan dapat menjadi pandangan bagi pengelola Taman Pakujoyo mengenai siapa saja yang datang ke Taman Pakujoyo dan fasilitas apa yang perlu diperbaiki maupun ditambah.
    Tugas Akhir ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu menyajikan gambaran lengkap dan melalui proses penghitungan data berupa angka. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, kuesioner, studi pustaka, dan studi dokumen.
Hasil dari penelitian menjelaskan mengenai berbagai daya tarik wisata yang dimiliki oleh Taman Pakujoyo. Untuk hasil penelitian mengenai profil wisatawan terbagi dalam empat variabel yaitu Variabel Demografik, Variabel Geografik, Variabel Psikografik, dan Variabel Behaviouristik. Dan terakhir mengenai kesan dan solusi wisatawan untuk pengembangan Taman Pakujoyo.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa daya tarik wisata yang dimiliki oleh Taman Pakujoyo antara lain berupa area bermain gratis, maupun yang berbayar murah, papan edukasi tentang rambu lalu lintas, selain itu juga terdapat berbagai satwa, Telaga Pakujoyo, dan berkeliling Kelurahan Gayam dengan transportasi unik. Hasil penelitian mengenai profil wisatawan berdasarkan Variabel Demografik kebanyakan wisatawan berusia 16-25 tahun dengan mayoritas pekerjaan pelajar atau mahasiswa. Kemudian berdasarkan Variabel Geografik kebanyakan wisatawan adalah warga Sukoharjo dan transportasi yang digunakan ialah kendaraan pribadi. Untuk Variabel Psikografik mayoritas wisatawan berkunjung untuk tujuan hiburan atau rekreasi, untuk anggapan wisatawan mengenai Taman Pakujoyo sudah lumayan bagus tetapi untuk tingkat kebersihan perlu ditingkatkan. Sedangkan untuk Variabel Behaviouristik kebanyakan wisatawan telah mengunjungi Taman Pakujoyo lebih dari tiga kali dengan waktu kunjungan kurang lebih satu jam, hal yang paling menarik perhatian mayoritas wisatawan adalah suasananya. Untuk kesan dan solusi wisatawan dalam pengembangan Taman Pakujoyo antara lain beberapa fasilitas yang ada masih kurang dalam jumlah maupun pemeliharaannya. Sehingga penambahan fasilitas dan pemeliharaan yang lebih baik sangat diharapkan.

Kata kunci : profil, wisatawan, Taman Pakujoyo

 

×
Penulis Utama : Farida Arum Ningtias
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3217020
Tahun : 2020
Judul : Profil Wisatawan di Taman Pakujoyo Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3217020-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jimmi Sandi Prasetyo, S.ST.Par, M.Sc.
2. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.