Penulis Utama : Esti Setiyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4414018
Tahun : 2020
Judul : Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah dengan Keterampilan 4C dan Problem Posing Kelas X IPS 2 SMA N 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Sejarah-K4414018-2020
Subyek : KEAKTIFAN, KERJA SAMA, KETERAMPILAN 4C, PROBLEM POSING, SMA N 8 SURAKARTA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan kerja sama siswa kelas X IPS 2 SMA N 8 Surakarta dengan keterampilan 4C dan model pembelajaran Problem Posing.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data pada penelitian ini adalah 30 siswa, guru, dan kelas X IPS 2 SMA N 8 Surakarta. Penulis menggunakan teknik triangulasi untuk mengumpulkan data, termasuk di dalamnya observasi, wawancara, angket dan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) melalui keterampilan 4C dan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan keaktifan pada siswa kelas X IPS 2 SMA N 8 Surakarta. Bukti peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sejarah setelah menggunakan model pembelajaran tersebut adalah dengan meningkatnya persentase keaktifan siswa. Rata-rata persentase  pada pra siklus mencapai 67%, pada siklus I mengalami kenaikan menjadi 73.33%, dan pada siklus II kembali mengalami kenaikan persentase menjadi 86.67%. Persentase pencapaian pada tahap siklus II telah mencapai target kinerja penelitian yang telah ditetapkan yaitu 75 % ; (2) keterampilan 4C dan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan kerja sama siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase kerja sama siswa. Pada pra siklus mencapai 70.18%, siklus I meningkat menjadi 73.63%, dan pada siklus II persentase mengalami kenaikan menjadi 76.08%. Hasil ini telah melampaui targer yang ditentukan yaitu sebesar 75%. Simpulan dari penelitian ini yaitu keterampilan 4C dan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan keaktifan dan kerja sama pada siswa kelas X IPS 2 SMA N 8 Surakarta.

Kata Kunci : keaktifan, kerja sama, keterampilan 4C, Problem Posing, SMA N 8 Surakarta

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP