Penulis Utama : Jonathan Tegar Tri Santyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4414026
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Survey, Question, Read, Recite, Review(SQ3R) dengan Media Kartu Berantai untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 1 SMA N 2 Sukoharjo Tahun 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Sejarah-K4414026-2020
Subyek : SQ3R, KARTU BERANTAI, KREATIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR, SISWA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk: 1) meningkatkan kreativitas siswa kelas X IPS 1 di SMA Negeri 2 Sukoharjo Melalui penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R dengan Media Kartu Berantai, 2) meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X IPS 1 di SMA Negeri 2 Sukoharjo melalui penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R dengan Media Kartu Berantai.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sumber data yang digunakan adalah peristiwa, informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes tertulis yang disusun oleh peneliti. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk menentukan peningkatan kreatifitas siswa dalam proses belajar khususnya berbagai tindakan yang dilakukan guru dengan model kooperatif type SQ3R dengan media Kartu Berantai. Sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil belajar siswa, sebagai pengaruh dari setiap tindakan yang dilakukan guru. Data dianalisis dengan membandingkan hasil hitung dari perolehan nilai tes pada setiap siklus.
Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Penerapan model SQ3R dengan media kartu berantai ternyata mampu meningkatkan kreativitas belajar sejarah peserta didik.. Hal ini terlihat dari hasil angket yang memperlihatkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas belajar siswa dibanding pada masa prasiklus, yaitu peningkatan kreativitas siswa berkategori tinggi dari persentase 32% pada prasiklus menjadi 87% pada saat siklus I dan menjadi 100% pada saat siklus II. 2) Penerapan model SQ3R juga berdampak positif pada hasil belajar peserta didik, yakni meningkat dari 18% pada masa prasiklus menjadi 65% pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 77% pada saat siklus II. Persentase tersebut sudah melebihi target yang dicanangkan oleh guru dan peneliti, yakni 75%. Dari situ dapat diketahui bahwa setelah melakukan siklus I dan II, kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1  SMA Negeri 2 Sukoharjo mengalami peningkatan.

Kata kunci: SQ3R, kartu berantai, kreativitas belajar, hasil belajar, siswa

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Leo Agung S., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP