Penulis Utama : Khoirul Diniyah
NIM / NIP : K4414029
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) eksistensi tari Bedhaya Anglirmendhung di era sekarang; (2) nilai-nilai edukatif dalam tari Bedhaya Anglirmendhung; (3) relevansi kajian nilai-nilai edukatif tari Bedhaya Anglirmendhung bagi pengembangan materi sejarah kebudayaan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data meliputi informan, tempat peristiwa, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik sampling yang diambil yaitu purposive sampling dan time sampling. Validitas data dilakukan melalui triangulasi data dan review informan. Teknik analisis data memakai model analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tari Bedhaya Anglirmendhung menjadi tarian pusaka milik Pura Mangkunegaran yang ditampilkan saat jumenengan atau acara tertentu. Jumlah penari Bedhaya Anglirmendhung adalah 7 orang penari. Properti yang digunakan mengalami perkembangan dari pistol menjadi gendewa atau panah. (2) tari Bedhaya Anglirmendhung mempunyai nilai- nilai edukatif yang dapat diambil, yaitu nilai perjuangan, nilai kerohanian, sikap bijaksana dan  bertanggung jawab  yang  dapat  dipelajari  dan  diterapkan  dalam kehidupan sehari-hari. Nilai ini disampaikan kepada genari penerus agar selalu mengingat monumen perjuangan Mangkunegara I. (3) kajian mengenai nilai-nilai edukatif dalam tari Bedhaya Anglirmendhung memiliki relevansi dengan materi sejarah   kebudayaan   di   Pendidikan   Sejarah   FKIP   UNS   pada   sub   materikebudayaan Jawa dan keraton sebagai pusat kebudayaan. Unsur kognitif dan afektif pada hasil kajian dapat dijadikan sebagai pengembangan materi sejarah kebudayaan.

Kata Kunci : Kebudayaan Jawa, tari Bedhaya Anglirmendhung, nilai edukatif, sejarah kebudayaan.

×
Penulis Utama : Khoirul Diniyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4414029
Tahun : 2020
Judul : Kajian Nilai-Nilai Edukatif Tari Bedhaya Anglirmendhung Sebagai Pengembangan Materi Sejarah Kebudayaan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Sejarah-K4414029-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tri Yuniyanto, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.