Penulis Utama : Ambar Murtiah
NIM / NIP : E0016050
×

ABSTRAK

Ambar Murtiah. 2020. E0016050. Pembadanan Nilai Musyawarah dalam Penyelesaian Sengketa Perdata. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan mengenai, pertama bagaimana membadankan nilai musyawarah dalam perundang-undangan ekonomi. Kedua, bagaimana membadanan nilai musyawarah dalam penyelesaian sengketa perdata.
Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Jenis data sekunder meliputi bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, selanjutnya teknis analisis yang digunakan adalah metode deduktif silogisme, menggunakan premis mayor dan premis minor dari kedua premis tersebut kemudian diambil konklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaturan perundang-undangan ekonomi terkait dengan penanaman modal, perbankan, dan perlindungan konsumen sebagian sudah membadankan nilai musyawarah meskipun secara tersirat belum tegas terkait dengan kepastian hukumnya. Oleh karena itu nilai musyawarah perlu dikuatkan lagi dengan cara diubah menjadi norma hukum lalu dimasukkan dalam perundang-undangan alternatif penyelesaian sengketa melalui metode penghayatan nilai musyawarah pada seluruh bidang kehidupan agar menjadi kebiasaan dan cerminan perilaku masyarakat hingga dapat dimuat dalam perundang-undangan alternatif penyelesaian sengketa. Selain itu metode lain yang dapat dilakukan yaitu mengoptimalkan nilai musyawarah baik dari segi aturan melalui rekonstruksi pengaturan alternatif penyelesaian sengketa maupun  secara teknis dengan penempatan pribadi profesional pada lembaga yang berlandaskan nilai musyawarah dengan berdasar pada prinsip persamaan, keadilan, dan kebebasan yang mengarah pada perdamaian.

Kata Kunci : PEMBADANAN, MUSYAWARAH, PERUNDANG-UNDANGAN EKONOMI, SENGKETA PERDAT

×
Penulis Utama : Ambar Murtiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0016050
Tahun : 2020
Judul : Pembadanan Nilai Musyawarah dalam Penyelesaian Sengketa Perdata
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Hukum - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Ilmu Hukum- E0016050-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr. Adi Sulistiyono, S.H.,M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.