Penulis Utama : Imro’atul Hamidah
NIM / NIP : B3217025
×

ABSTRAK
Saat ini minat wisatawan Indonesia untuk berkunjung ke luar negeri cukup tinggi. Terlebih, harga tiket penerbangan rute domestik yang tinggi membuat mereka lebih berminat untuk melakukan kunjungan ke luar negeri, salah satunya China. Hal ini terbukti dengan adanya biro perjalanan wisata yang menjual dan menyelenggarakan paket wisata ke Hainan, China, dengan harga yang terjangkau.  Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyelenggaraan Paket Wisata Consortium Hainan di Nusantara Tour & Travel Semarang, kendala yang dihadapi saat penyelenggaraan, serta solusi yang diberikan oleh perusahaan.
Penelitian ini  menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran saat penyelenggaraan Paket Wisata Consortium Hainan di Nusantara Tour & Travel Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi dokumen, studi pustaka, serta observasi partisipasi oleh penulis selama magang di Nusantara Tour & Travel Semarang.
Hasil dari penilitian ini adalah menjelaskan mengenai pihak yang terlibat selama penyelenggaraan paket wisata. Menjelaskan segmentasi pasar yang dituju oleh perusahaan dalam paket wisata tersebut. Menjelaskan produk paket wisata yang ditawarkan. Menjelaskan prosedur penyelenggaraan paket wisata mulai dari persiapan, keberangkatan, hingga kepulangan ke tanah air. Selain itu penelitian juga membahas mengenai kendala yang dihadapi saat penyelenggaraan paket wisata yaitu calon wisatawan yang melakukan pembatalan dalam jangka waktu dekat, sering terjadi delay, wisatawan kurang senang adanya toko wajib, yaitu suatu tempat perbelanjaan yang harus dikunjungi wisatawan sesuai dengan itinerary, kurangnya bagasi yang disediakan dan banyaknya objek wisata yang ditutup saat travel warning.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu memberikan asuransi perjalanan kepada wisatawan, memberikan pengertian kepada wisatawan tentang harga paket wisata yang terjangkau, memberikan pelayanan apabila kelebihan bagasi tanpa biaya tambahan , serta mengubah destinasi saat travel warning dikeluarkan.
Kata kunci : penyelenggaraan, paket wisata, consortium, tour & travel

 

×
Penulis Utama : Imro’atul Hamidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3217025
Tahun : 2020
Judul : Penyelenggaraan Paket Wisata Consortium Hainan di Nusantara Tour & Travel Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3217025-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wisnu Kretarto
2. Nanang Wijayanto, S.ST., M.M.Par.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.