Penulis Utama : Andripa Cahya Nugroho
NIM / NIP : K4415008
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Karanganyar melalui penerapan model pembelajaran snowball throwing dengan media permainan UNO.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran snowball throwing dengan media permainan UNO dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Karanganyar. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata pencapaian indikator keaktifan dari 65,45% pada prasiklus, menjadi 75,55% pada siklus I, dan 83,03% pada siklus II. Pencapaian indikator keaktifan tersebut sudah melampaui target yang ditetapkan yaitu 75%; 2) penerapan model pembelajaran snowball throwing dengan media permainan UNO dapat meningkatkan  hasil  belajar  sejarah  siswa  kelas  XI  IPS  1  di  SMA  Negeri  1 Karanganyar.  Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase jumlah siswa tuntas dalam pembelajaran sejarah yaitu 31,25% pada prasiklus, meningkat menjadi 62,50% pada siklus I, dan 81,25% pada siklus II. Pencapaian indikator hasil belajar tersebut sudah melampaui target yang ditetapkan yaitu 75%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik simpulan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing dengan media permainan UNO dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2019/2020.

Kata kunci : model pembelajaran snowball throwing, permainan UNO, keaktifan, hasil belajar sejarah.

 

×
Penulis Utama : Andripa Cahya Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4415008
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Media Permainan Uno untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Sejarah-K4415008-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Musa Pelu, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.