Penulis Utama : Intan Dwi Nurfitasari
NIM / NIP : B3217026
×

ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji mengenai pelayanan paket wisata inbound bagi penumpang kapal pesiar pada Nusantara Tour & Travel Semarang, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pelayanan yang diberikan Nusantara Tour & Travel, mengidentifikasi kendala pelayanan saat di lapangan, dan solusi yang diberikan oleh perusahaan dalam menghadapi kendala tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penggambilan data yaitu observasi langsung di lapangan, kemudian wawancara yang mendalam dengan Manager dan staf inbound Nusantara Tour & Travel, selain itu menggunakan teknik studi pustaka. Data tersebut dianalisis secara kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif yang menggambarkan mengenai pelayanan paket wisata inbound dari Nusantara Tour & Travel.
 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Nusantara Tour & Travel memiliki 3 paket wisata untuk ditawarkan terhadap wisatawan dari kapal pesiar. Dalam paket tersebut diorientasikan untuk fokus pada penekanan safety dan aware dalam pelayanan di lapangan, hal tersebut bertujuan agar wistawan merasa aman dan nyaman. Selain itu, wisatawan dari penumpang kapal pesiar berusia 60-80 tahun keatas, sehingga membutuhkan perhatian yang lebih dari segi pelayanan. Paket yang ditawarkan antara lain; yaitu Semarang city tour dengan mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Dekranasda, Sam Poo Kong, Lawang Sewu, Kota Lama & Gereja Blendhuk. Kemudian, Borobudur tour dengan destinasi pariwisata yang dikunjungi yaitu Banaran 9 Tea and Coffee, Borobudur, Witarka Manohara untuk lunch, dan Borobudur silver.  Ambarawa Tour mengunjungi museum Ambarawa dan stasiun kereta api Ambarawa, MesaStila Resort untuk coffee plantation tour dan lunch.  Kendala di lapangan terjadi karena kurangnya komunikasi antar SDM, dan tidak ada kerjasama secara tertulis terhadap PT KA Wisata sehingga mempengaruhi dalam pengadaan kereta untuk wisatawan.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 3 pilihan paket wisata untuk wisatawan yang mempunyai konsep yang berbeda-beda namun dengan durasi waktu maksimal 8 jam yaitu Semarang city tour dengan konsep heritage atau sejarah, Borobudur tour ditekankan dengan pelayanan VIP, dan Ambarawa tour dengan konsep vintage train and coffee journey dengan menekankan pada pengalaman wisatwan.

Kata Kunci : pelayanan, paket wisata, inbound, kapal pesiar

 

×
Penulis Utama : Intan Dwi Nurfitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3217026
Tahun : 2020
Judul : Pelayanan Paket Wisata Inbound bagi Penumpang Kapal Pesiar pada Nusantara Tour & Travel Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3217026-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tomi Agfianto S.ST., M.Par.
2. Drs. Wisnu Kretarto
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.