Penulis Utama : Irvanda Agung Prastiyo
NIM / NIP : B3217028
×

ABSTRAK
    Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang Pengembangan Wisata Alam Watu Rumpuk. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui apa saja potensi wisata, upaya pengembangannya, kendala dan solusi serta profil wisatawan yang berkunjung di Wisata Alam Watu Rumpuk.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif berupa observasi dan wawancara secara mendalam. Data diperoleh melalui wawancara dengan Kepala Desa Mendak, Ketua Pokdarwis Panorama Wilis, dan Ketua Karang Taruna Desa Mendak. Serta data diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan secara online melalui media sosial whatsapp kepada wisatawan yang pernah mengunjungi Wisata Alam Watu Rumpuk dan teknik analisis data untuk menganalisis seluruh hasil data.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Wisata Alam Watu Rumpuk memiliki potensi berupa keindahan alam pegunungan dan Gunung Manyutan. Dengan potensi tersebut dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh pihak pengelola dan menjadikan destinasi pariwisata unggulan di Kabupaten Madiun. Wisata Alam Watu Rumpuk memiliki berbagai sarana dan prasarana dalam menunjang selama kegiatan berwisata berlangsung. Selain itu pihak pengelola menyediakan spot foto yang menarik dan cocok untuk diunggah di sosial media. Beberapa kendala dalam pengembangannya yakni pihak pengelola kesulitan masalah pendanaan, sulitnya akses jalan, perluasan kawasan wisata dan keterbatasan SDM di bidang pariwisata. Analisis profil wisatawan di Wisata Watu Rumpuk membuktikan wisatawan merasa cukup puas dengan kondisi kawasan wisata serta pelayanan yang diberikan oleh pihak pengelola
Kesimpulan dari penelitian ini adalah memiliki potensi alam serta memanfaatkan lahan bekas pohon cengkeh menjadi kawasan wisata, merencanakan pengembangan mulai tahun 2016 sampai 2025, kendala yang dihadapi pihak pengelola dapat di atasi secara maksimal sehingga dapat menunjukan perkembangan kawasan wisata secara cepat dan mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah. Profil wisatawan yang mengunjungi kawasan destinasi Wisata Alam Watu Rumpuk.

Kata Kunci : Pengembangan, Potensi, Wisata Alam, Watu Rumpuk, Kabupaten
                       Madiun

 

×
Penulis Utama : Irvanda Agung Prastiyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3217028
Tahun : 2020
Judul : Upaya Pengembangan Wisata Watu Rumpuk sebagai Destinasi Wisata Alam di Desa Mendak, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3217028-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Wijayanto, S.S.T.,M.Par.
2. Yusana Sasanti Dadtun,S.S.,M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.