Penulis Utama : Khofifah Fitri Nur Sholehah
NIM / NIP : B3217030
×

ABSTRAK


Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang Pengelolaan Taman Wisata Tawun Sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Ngawi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoaalan yang dipertanyakan dalam penelitian ini yaitu, apa saja daya tarik wisata yang ada di Taman Wisata Tawun, bagaimana upaya pengelolaan Taman Wisata Tawun oleh Unit Pelaksana Teknis Tawun dan bagaimana kendala dalam upaya pengelolaan Taman Wisata Tawun, serta solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala.

Penulisan laporan ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan Pengelolaan Taman Wisata Tawun Sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara yaitu, melakukan tanya jawab secara langsung kepada pihak yang terkait dengan pengelolaan Taman Wisata Tawun, studi dokumen dan studi pustaka yang berkaitan dengan penulisan laporan ini.

Hasil penelitian ini menjelaskan daya tarik wisata yang ada di Taman Wisata Tawun. Menjelaskan upaya pengelolaan Taman Wisata Tawun yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Tawun. Selain itu penelitian ini juga membahas kendala dan solusi dalam pengelolaan Taman Wisata Tawun.

Kesimpulan yang dapat diambil bahwa Taman Wisata Tawun memiliki daya tarik wisata berupa Sendang Beji, kolam renang, Upacara Adat Keduk Beji, taman bermain anak, taman bulus, danau buatan, Pasar Jadoel serta spot foto (taman bunga dan taman hutan bambu). Upaya pengelolaan yang dilakukan oleh pengelola dilakukan secara bertahap  meliputi, mendapatkan anggaran rutin setiap tahun, konsep perencanaan pengelolaan, penyediaan fasilitas penunjang kegiatan wisata, pemeliharaan terhadap kolam renang dan taman, melibatkan masyarakat Desa Tawun di dalam Taman Wisata Tawun dan proses penilaian serta evaluasi terhadap pelaksanaan pengelolaan Taman Wisata Tawun. Kendala dalam pengelolaan Taman Wisata Tawun antara lain tidak adanya personil keamaan dan pedagang yang melanggar larangan meninggalkan gerobak dagangan di lapak berjualan, kemudian solusi atas kendala tersebut yaitu dengan menambahkan personil keamanan dan memberikan teguran, peringatan dan sanksi kepada para pedagang yang melanggar serta menyediakan tempat khusus untuk penyimpanan gerobak pedagang.

Kata kunci: Pengelolaan, Taman Wisata Tawun, daya tarik wisata, Kabupaten
Ngawi.

 

×
Penulis Utama : Khofifah Fitri Nur Sholehah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3217030
Tahun : 2020
Judul : Pengelolaan Taman Wisata Tawun sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Ngawi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3217030-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Wijayanto, S. ST., M.M. Par.
2. Tomi Agfianto S. ST., M. Par.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.