Penulis Utama : Nabella Visi Diana Puteri
NIM / NIP : K7716039
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir ktitis peserta didik kelas X AKL 2 SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X AKL 2 SMK Negeri 1 Surakarta yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry berbantuan e-learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan indikator kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I dari 69,71% menjadi 82,06% pada siklus II. Peningkatan kemampuan berpikir kritis juga terlihat dari persentase jumlah peserta didik yang memperoleh nilai diatas 71,5. Pada siklus I terdapat 19 peserta didik atau sebesar 55,99% yang mendapat nilai ? 71,5. Pada siklus II jumlah peserta didik yang memperoleh nilai ? 71,5 meningkat menjadi 28 peserta didik atau sebesar 82,35%. Penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan e-learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada aspek interpretasi, evaluasi, analisis dan penjelasan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan e- learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X AKL 2 SMK Negeri 1 Surakarta.

Kata kunci : Argument Driven Inquiry, E-Learning, Kemampuan Berpikir Kritis.

 

×
Penulis Utama : Nabella Visi Diana Puteri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7716039
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Akl 2 SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K7716039-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Sumaryati, S.Pd., M.Pd.
2. Jaryanto, S.Pd, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.