Penulis Utama : Parikesit Pranagita
NIM / NIP : K7716045
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara : 1) tekanan dengan kecurangan akademik pada mahasiswa FKIP UNS; 2) peluang dengan kecurangan akademik pada mahasiswa FKIP UNS; 3) rasionalisasi dengan kecurangan akademik pada mahasiswa FKIP UNS; dan 4) tekanan, peluang, dan rasionalisasi dengan kecurangan akademik pada mahasiswa FKIP UNS.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berjenis ex post facto. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016 FKIP UNS pada Program Studi Pendidikan   Administrasi   Perkantoran,   Pendidikan   Akuntansi,   dan   Pendidikan Ekonomi dengan jumlah populasi sebanyak 202  mahasiswa. jumlah sampel sebanyak 134 responden. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Validitas data menggunakan teknik validitas konstruk dengan menggunakan korelasi Product Moment Pearson. Uji Reliabilitas menggunakan rumus  Cronbach’s Alpha. Analisis data terdiri analisis statistik deskriptif, uji hipotesis. Uji hipotesis terdiri dari analisis regresi ganda, analisis korelasi, dan uji simultan yang harus memenuhi empat uji asumsi yaitu uji linearitas, normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat : 1) hubungan positif dan signifikan antara   tekanan   dengan  kecurangan akademik   dengan   kategori   sangat   rendah dibuktikan dengan nilai p-value sebesar 0,024 (< 0>

Kata Kunci :   Tekanan,    Peluang,    Rasionalisasi,    The    Fraud    Tringle    Theory, Kecurangan Akademik

 

×
Penulis Utama : Parikesit Pranagita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7716045
Tahun : 2020
Judul : Perilaku Kecurangan Akademik Dari Perspektif The Fraud Triangle Theory (Studi Empiris Mahasiswa FKIP UNS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K7716045-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ngadiman, M.Si.
2. Jaryanto, S.Pd, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.