Penulis Utama : Devingga Kurnia Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4415015
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Penerapan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru terhadap Proses dan Hasil Pembelajaran Sejarah pada SMA Negeri di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Sejarah-K4415015-2020
Subyek : SISTEM ZONASI, PROSES DAN HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN SEJARAH.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan Penelitian ini yaitu : (1) Mengetahui strategi guru sejarah menghadapi sistem zonasi dalam pembelajaran sejarah SMA Negeri di Surakarta, (2) Mengetahui Persiapan guru menghadapi peserta didik hasil dengan kemampuan lebih heterogen dalam pembelajaran sejarah, (3) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran sejarah yang dalam menghadapi peserta didik hasil dengan kemampuan heterogen, (4) Menganalisis pengaruh penerapan sistem zonasi terhadap hasil pembelajaran pada mata pelajaran sejarah di Kota Surakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.  Penelitian ini menggunakan strategi kasus ganda terperancang. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data menggunakan teknik trianggulasi. Trianggulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain dari luar data itu untuk keperluan pengecekkan atau sebagai bahan perbandingan terhadap data itu. Trianggulasi yang digunakan adalah trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Strategi yang dilakukan guru dan pihak sekolah yakni dengan mengembangkan potensi guru melalui mengoptimalkan dalam kegiatan MGMP, (2) Guru dalam menyususn Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sudah sesuai dengan aturan yang dikeluarkan pememrintah akan tetapi tidak melakukan perubahan dalam penggunaan model dan metode pembelajaran, (3) Guru sudah menerapkan pembelajaran dengan konsep PAKEM akan tetapi interaksi antara guru dan peserta didik kurang sempurna karena terdapat peserta didik yang tidak fokus dalam pembelajaran, (4) Adanya pengaruh yang kuat antara penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi terhadap hasil belajar peserta didik SMA di Kota Surakarta. Faktor yang mempengaruhi berasal dari faktor internal dan faktor eksternal.

Kata Kunci: Sistem Zonasi,  Proses dan Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Leo Agung S., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP