Penulis Utama : Rizky Yuniar Sururi
NIM / NIP : K7716056
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik kelas X Akuntansi 3 di SMKN 1 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan kartu kerja.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Stephen Kemmis dan Robbin Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 peserta didik kelas X Akuntansi 3. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan statistik deskriptif komparatif  untuk data kuantitatif dan model interaktif untuk data kualitatif. Indikator capaian penelitian sebesar 80% peserta didik mampu mendapatkan skor minimal 75 dalam memecahkan permasalahan simpanan giro dan kategori guru dalam menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving tergolong “baik”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan kartu kerja dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Hal ini dibuktikan pada siklus I dan siklus II bahwa kemampuan pemecahan masalah mengalami peningkatan dan dapat dilihat dari persentasi ketuntasan peserta didik yang mendapatkan skor lebih dari 75. Presentase ketuntasan peserta didik dalam penelitian ini mencakup 80% peserta didik mendapatkan skor lebih dari 75, pada siklus I presentase ketuntasan peserta didik mencapai 73?ri jumlah peserta didik dengan skor rata-rata mencapai 71,99 (kategori sedang), sedangkan pada siklus II presentase ketuntasan peserta didik mencapai 84?ri jumlah peserta didik dengan skor rata-rata mencapai 80,40 (kategori tinggi). Adapun kinerja guru dalam menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan kartu kerja mencapa kategori “baik” pada siklus I dan meningkat menjadi “sangat baik” pada siklus II.

Kata Kunci :Creative Problem Solving, Kartu Kerja, Kemampuan Pemecahan Masalah, Simpanan Giro

 

×
Penulis Utama : Rizky Yuniar Sururi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7716056
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Kartu Kerja Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Simpanan Giro di SMKN 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K7716056-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhtar S.Pd.,M.Si. CFrA
2. Dr. Sri Sumaryati S.Pd.,M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.