Penulis Utama : Irkham Henry Widiatmoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4415026
Tahun : 2020
Judul : Penggunaan Teknik Pembelajaran Time Token pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia dengan Media Kupon Berbicara untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kepercayaan Diri Peserta Didik pada Kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Sejarah-K4415026-2020
Subyek : TEKNIK PEMBELAJARAN, KUPON BERBICARA, KEAKTIFAN, KEPERCAYAAN DIRI, PESERTA DIDIK.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kepercayaan diri siswa dengan menerapkan teknik pembelajaran Time token dengan media kupon berbicara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas. Permasalahan yang diajukan adalah ketidakaktifan dan kurang percaya dirinya peserta didik. Percobaan dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refelksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Boyolali yang terdiri dari 36 siswa, guru sejarah, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi dan angket. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan triangulasi sumber. Tujuan umum dilakukan triangulasi adalah untuk meningkatkan kekuatan teoritis, metodologis, maupun interpretatif dari sebuah riset. Data penelitian ini meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan antara kondisi awal dengan kondisi sesudah siklus, baik pertama maupun berikutnya untuk memperoleh keterangan perubahan yang terjadi akibat dari tindakan yang dilakukan.
Hasilnya penelitian  menunjukkan bahwa; (1) rata-rata nilai keaktifan siswa per indikator mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada kondisi prasiklus rata-rata ketercapaian nilai per indikator adalah sebesar 16%. Pada kondisi siklus I meningkat sebesar 50,6% menjadi 66,6%. Pada siklus II meningkat lagi sebesar 9,4% menjadi 76%; (2) presentase kepercayaan diri siswa meningkat sebesar 1,7?ri siklus I menjadi 61,4% pada siklus II.

Kata kunci : teknik pembelajaran, kupon berbicara, keaktifan, kepercayaan diri, peserta didik.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hieronymus Purwanta, M.A.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP