Penulis Utama : Ni’matul Maula
NIM / NIP : B3217041
×

ABSTRAK


Tugas Akhir ini mengkaji tentang prosedur pelayanan reservasi tiket domestic airlines di Batari Tour & Travel Surakarta, dari mulai prosedur menyambut pelanggan, memproses reservasi tiket yang dibutuhkan pelanggan hingga tiket yang sudah dicetak diserahkan kepada pelanggan melalui pelayanan secara langsung (offline) dan melalui alat komunikasi (online).

Penelitian ini  dianalisis dan disajikan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran alur prosedur reservasi tiket domestic airlines di Batari Tour & Travel. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, studi pustaka, studi dokumen, serta partisipasi Penulis selama on the job training di Batari Tour & Travel Surakarta.

Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan mengenai alur prosedur pelayanan apa saja yang dilakukan petugas reservasi kepada pelanggan yang hendak melakukan reservasi tiket domestic airlines. Menjelaskan alur membuat reservasi pada sistem yang digunakan dari tiap-tiap maskapai penerbangan domestik seperti sistem Web Portal yang digunakan oleh maskapai Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink, Air Asia, Xpress Air, dan sistem Altea Amadeus untuk maskapai Garuda Indonesia. Selain itu penelitian juga membahas mengenai kendala yang dialami saat melakukan pelayanan reservasi yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) bagian reservasi kurang mengikuti perkembangan teknologi, sistem pelayanan reservasi yang selalu mengalami pembaharuan, dan petugas reservasi yang kurang teliti.

Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini yaitu standar operasional prosedur dalam melayani reservasi tiket domestic airlines tetap dilaksanakan, dan dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk memperlancar proses reservasi tiket domestic airlines.

Kata Kunci : Prosedur, Reservasi, Tiket Domestic Airlines, Tour & Travel

 

×
Penulis Utama : Ni’matul Maula
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3217041
Tahun : 2020
Judul : Prosedur Pelayanan Reservasi Tiket Domestic Airlines di Batari Tour & Travel Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3217041-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tomi Agfianto, S.ST., M.Par.
2. Sri Winarno, S.E., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.