Penulis Utama : Novita Hendra Prasetya Ningsih
NIM / NIP : B3217046
×

ABSTRAK
Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang pengembangan paket  wisata alam di Desa Wisata Bleberan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan paket wisata alam yang ada di Desa Wisata Bleberan dan kendala yang dihadapi dalam pengembangan paket wisata alam serta solusi dalam menanganinya.
Penulisan laporan ini menggunakan metode deskriptif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan pengembangan paket wisata alam di Desa Wisata Bleberan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen, dan studi kepustakaan. Data  yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat beberapa paket yang ditawarkan di Desa Wisata Bleberan diantaranya Paket Tracking dan Body Rafting, Paket Meeting dan Body Rafting, Paket Body Rafting untuk 50 orang, Paket Body Rafting untuk 5 orang, Paket Camping dan Makrab, Paket Outbond For Kid,  Paket Live In Desa Wisata Bleberan, Paket Prewedding dan Paket Kenduri. Di Desa Wisata Bleberan juga dilakukan pengembangan paket wisata alam diantaranya Tracking menuju sumber mata air Sri Gethuk, Camping di atas tebing kapur, Rafting, dan Menjelajah hutan dengan motor trail.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Desa Wisata Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul memiliki kekayaan alam, budaya, hasil buatan, kuliner, dan dijadikan sebagai peluang untuk dikelola menjadi paket wisata alam. Paket wisata alam tersebut antara lain Goa Rancang Kencono, Air Terjun Sri Gethuk, Tracking menuju sumber mata air Sri Gethuk, Camping di atas tebing kapur, Rafting di Sungai Oyo, Menjelajah hutan dengan motor trail. Terdapat kendala yang dihadapi yaitu mahalnya biaya penataan lokasi, tidak terdapat jalan setapak untuk tracking, keamanan wisatawan saat berwisata, debit air tidak menentu, kurangnya motor trail. Untuk mengatasi kendala tersebut terdapat beberapa solusi diantaranya menyediakan SDM untuk menjamin keamanan wisatawan, membuat jalan setapak, membuat bendungan, membuat sumber listrik dari tenaga surya maupun tenaga air dan membeli motor dari hasil keuntungan penjualan paket.
Kata Kunci : Pengembangan Paket Wisata alam, Desa Wisata Bleberan, Yogyakart

 

×
Penulis Utama : Novita Hendra Prasetya Ningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3217046
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Paket Wisata Alam di Desa Wisata Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3217046-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jimmi Sandi Prasetyo, S.ST.Par.,M.Sc
2. Amad Saeroji, S.S., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.