Penulis Utama : Jhon Chrisardi Saragih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4415029
Tahun : 2020
Judul : Peran D.N. Aidit dalam Proses Kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) Tahun 1948 Sampai Tahun 1965 dan Relevansinya Sebagai Pengembangan Materi Sejarah Indonesia Wajib Kelas XII SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Sejarah-K4415029-2020
Subyek : PERAN, D.N. AIDIT, KEBANGKITAN PKI, SEJARAH INDONESIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui latar belakang kehidupan D.N. Aidit. (2) mengetahui peran D.N. Aidit dalam proses kebangkitan PKI 1948-1965. (3) mengetahui relevansi peran D.N. Aidit dalam proses kebangkitan PKI sebagai pengembangan materi Sejarah Indonesia Wajib XII SMA.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah. Sumber yang digunakan yaitu sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis historis. Prosedur penelitian dilaksanakan meliputi tahap heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Latar belakang kehidupan D.N. Aidit, pengalaman-pengalaman yang didapatkan Aidit semasa bersekolah di Middestand  Handel School berpengaruh sekali terhadap pemikiran dan peran terhadap kebangkitan PKI. D.N. Aidit dapat mengetahui bagaimana kesenjangan kehidupan masing-masing kalangan selama masa pendidikan, karena Aidit senang bergaul dengan berbagai macam kalangan mulai dari buruh tambang hingga orang-orang Eropa. Hal tersebut semakin menguatkan semangat Aidit untuk memperjuangkan anti-kelas untuk bangsa Indonesia. Semasa bersekolah, Aidit belajar teori politik Marxis melalui Perhimpunan Demokratik Sosial Hindia Belanda yang menjadi latar belakang ketertarikannya dengan dunia komunis. Aidit memilih jalan komunis, karena dirasakan sesuai dengan idealismenya. Aidit berguru ke tokoh-tokoh komunis senior seperti Widarta, penanggung  jawab  organisasi  bawah tanah  PKI  Jakarta, dan Wikana, seorang pemuda sosialis dan pemimpin PKI Jawa Barat. (2) Peran D.N. Aidit dalam kebangkitan PKI tahun 1948-1965, pada tahun 1950 D.N. Aidit menjabat sebagai pemimpin tertinggi PKI banyak merubah tatanan sistem PKI terutama sistem berpolitik PKI, pengkaderan, dan pendidikan. Fokus utama Aidit selain merubah sistem berpolitik adalah membenahi sistem pendidikan para kader partai dan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kualitas bangsa dan menarik kembali hati masyarakat Indonesia terhadap PKI. (3) Kajian ini relevan dengan mata pelajaran Sejarah Indonesia Wajib XII SMA,  pada KD 3.1 dan 3.3 menganalisis Historiografi Sejarah Indonesia dan Ancaman Disintegrasi Bangsa.

Kata kunci: Peran, D.N. Aidit, Kebangkitan PKI, Sejarah Indonesia

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB 1 Skripsi.pdf
BAB 2 Skripsi.pdf
BAB 3 Skripsi.pdf
BAB 4 Skripsi.pdf
BAB 5 Skripsi.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Leo Agung S., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP