Penulis Utama : Rizkika Septiani
NIM / NIP : B3217054
×

ABSTRAK
Keberadaan Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur yang belum banyak diketahui wisatawan, serta rendahnya minat berkunjung wisatawan terhadap museum menjadi salah satu sebab jumlah kunjungan terhadap museum sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tarik Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur, pengetahuan yang diperoleh dari kunjungan di Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur serta fungsi dan peran Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif , pendekatan kualitatif dengan menjelaskan dan menggambarkan secara mendalam terkait fungsi dan peran Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur dalam meningkatan kunjungan wisatawan. Metode wawancara dengan pimpinan dan staf Balai Konservasi Borobudur untuk memperoleh data, serta metode studi pustaka untuk mendapatkan data dari dokumen Balai Konservasi Borobudur, buku di perpustakaan,serta data kunjungan tamu.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan daya tarik Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur berupa koleksi alat-alat yang digunakan selama masa restorasi. Pengetahuan yang diperoleh wisatawan mengenai sejarah pemugaran Candi Borobudur, teknik sambungan batuan, dan arsip pemugaran. Jadi fungsi dan peran Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur dalam meningkatan kunjungan wisatawan adalah memberikan edukasi atau informasi kepada masyarakat umum tentang Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Pawon.
Kesimpulan dari penelitian ini daya tarik berupa alat serta benda yang digunakan pada masa restorasi mampu menarik wisatawan untuk mengunjungi Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur baik pelajar, tamu dinas, maupun wisatawan asing. Pengetahuan yang diperoleh sebagian besar berhubungan dengan Candi Borobudur. Berfungsi sebagai tempat menyimpan alat dan benda yang digunakan pada masa restorasi sebagai upaya pelestarian benda peninggalan sejarah dan berperan sebagai sumber informasi dan inspirasi bagi masyarakat.
 Kata kunci : fungsi, peran, Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur

 

×
Penulis Utama : Rizkika Septiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3217054
Tahun : 2020
Judul : Fungsi dan Peran Studio Sejarah Restorasi Candi Borobudur dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3217054-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suharyana, M.Pd.
2. Insiwi Febriary Setiasih, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.