Penulis Utama : Septiana Isnad Pertiwi
NIM / NIP : K7716063
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif melalui penerapan kombinasi model Problem Based Learning dengan Numbered Head Together pada siswa kelas X Akuntansi B SMK Negeri 3 Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan (observasi); (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi B SMK Negeri 3 Sukoharjo yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi. Validitas data menggunakan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Indikator kinerja penelitian yang diterapkan sebesar 75%.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif dengan persentase ketercapaian KKM dari pra tindakan sebesar 50%, mengalami peningkatan menjadi 63,89% setelah dilakukannya tindakan pada siklus I. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada siklus II dengan persentase 86,11%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model Problem Based Learning dengan Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa berupa kemampuan mengingat, memahami, menerapkan dan menganalisis sehingga siswa dapat menggali pengetahuan baru, terlibat aktif dalam kerja kelompok,  berfokus dan  paham  materi pembelajaran,  serta  mampu  berdiskusi dalam pemecahan masalah, dan bertanggung jawab terhadap tugas.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Numbered Head Together, Hasil Belajar.

 

×
Penulis Utama : Septiana Isnad Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7716063
Tahun : 2020
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Kombinasi Model Problem Based Learning Dengan Numbered Head Together Pada Siswa Kelas X Akuntansi B SMK Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K7716063-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ngadiman, M.Si.
2. Binti Muchsini, S.Pd., M.Pd., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.