Penulis Utama : Salsa Valenza Niendyamara
NIM / NIP : B3217055
×

ABSTRAK
Pariwisata di Indonesia semakin maju dengan bertambahnya atraksi dan jenis wisata yang menarik minat wisatawan sehingga mampu meningkatkan pemasukan negara. Salah satunya adalah wisata minat khusus atau yang sering dikenal sebagai Special Interest Tourism. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengembangan Rumah Atsiri Indonesia sebagai wisata minat khusus di Plumbon, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi langsung di Rumah Atsiri Indonesia. Teknik wawancara kepada beberapa Staff Rumah Atsiri Indonesia untuk memperoleh data, metode Studi Kepustakaan untuk mendapatkan data dari buku di perpustakaan,brosur, dan dokumen company profile Rumah Atsiri Indonesia.
Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan atraksi wisata dan fasilitas  apa saja yang tersedia di Rumah Atsiri Indonesia. Menjelaskan Upaya apa saja yang telah dilakukan dalam proses pengembangan Rumah Atsiri Indonesia sebagai wisata minat khusus di Plumbon, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Serta kendala yang dihadapi dan solusi yang dilakukan dalam proses pengembangan Rumah Atsiri Indonesia.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu beberapa atraksi wisata seperti Tour Aromatic Garden, Tour Museum, dan Citronella Science Lab telah menjadi kegiatan wisata utama di Rumah Atsiri Indonesia. Selain kegiatan tersebut Rumah Atsiri Indonesia juga memiliki beberapa paket MICE. Upaya pengembangan di berbagai bidang baik atraksi, marketing dan Human Resource telah  dilakukan oleh manajemen Rumah Atsiri Indonesia. Dalam proses pengembangnnya Rumah Atsiri juga mengalami beberapa kendala namun sudah dapat teratasi dengan solusi yang telah dilakukan oleh Manajemen Rumah Atsiri Indonesia.

 

Kata kunci: Tanaman Atsiri, Pengembangan, Wisata Minat Khusus, Edukasi

 

×
Penulis Utama : Salsa Valenza Niendyamara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3217055
Tahun : 2020
Judul : Upaya Pengembangan Rumah Atsiri Indonesia sebagai Wisata Minat Khusus Edu Recreation di Plumbon Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3217055-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Wijayanto, S.S.T., M.M. Par.
2. Jimmi Sandi Prasetyo, S.ST.Par., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.