Penulis Utama : Sonya Marinka Dewi Safitri
NIM / NIP : B3217058
×


ABSTRAK

         Laporan Tugas Akhir ini dilatarbelakangi oleh perkembangan promosi yang dilakukan oleh Forum Pengembangan Kampung Batik Laweyan (FPKBL) sebagai Pokdarwis di Kampung Wisata Batik Laweyan dalam menginformasikan tentang potensi dan produk wisata yang dimiliki kepada masyarakat atau calon wisatawan yang dijadikan target pasar. Lebih lanjutnya, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui upaya FPKBL dalam mempromosikan Kampung Wisata Batik Laweyan dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh FPKBL dalam mempromosikan Kampung Wisata Batik Laweyan, serta solusi yang telah dilakukan.
    Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan berdasarkan data deskriptif untuk memperoleh informasi tentang upaya promosi destinasi wisata Kampung Batik Laweyan oleh FPKBL. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan metode observasi langsung di lokasi penelitian, metode wawancara dengan pengurus FPKBL, serta metode studi pustaka dari sumber pustaka sebagai pelengkap.
         Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan upaya promosi destinasi wisata Kampung Batik Laweyan yang telah dilakukan oleh FPKBL. Selain itu, penelitian ini juga membahas kendala yang masih ada dalam upaya promosi tersebut beserta solusi yang telah dilakukan.
    Kesimpulannya, upaya promosi yang dilakukan oleh FPKBL seperti promosi melalui wisatawan saat melakukan kunjungan, presentasi saat pameran,  promosi melalui media leaflet atau brosur, dan promosi melalui website telah berperan dalam pengembangan destinasi wisata Kampung Batik Laweyan. Peran tersebut telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, meskipun masih ada beberapa kendala dalam penerapannya seperti beberapa usaha batik sudah milik pribadi, belum ada promosi secara menyatu di media sosial internet, dan adanya beberapa informasi yang masih kurang di website. Solusi yang telah dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut yaitu mempertahankan bangunan lama untuk menambah daya tarik dan melakukan sosialisasi sadar wisata, membuat kanal Youtube untuk pemasaran destinasi Kampung Batik Laweyan, dan membangun kesadaran masyarakat Laweyan untuk melakukan promosi destinasi wisata Kampung Batik Laweyan.

Kata Kunci : Promosi, FPKBL, Kampung Batik Laweyan

 

×
Penulis Utama : Sonya Marinka Dewi Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3217058
Tahun : 2020
Judul : Upaya Promosi oleh FPKBL dalam Pengembangan Kampung Wisata Batik Laweyan Di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata - B3217058-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Joko Sadoso Priyo, M.M
2. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST.Par., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.