Penulis Utama : Vinky Febriyani Cahya Putri
NIM / NIP : K7716073
×

Abstrak

Pembelajaran abad ke-21 menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik, salah satunya adalah keterampilan kerjasama. Namun realita menunjukkan bahwa keterampilan kerjasama peserta didik Kelas X AKL di SMK Wikarya Karanganyar hanya sebesar 43,52% yang berarti pada kategori tidak baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris bahwa penerapan model pembelajaran   SAVI berbantuan media Teka Teki Akuntansi berbasis  e-learning  dapat  meningkatkan  keterampilan  kerjasama  peserta  didik kelas X AKL SMK Wikarya Karanganyar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus, dengan prosedur penelitan untuk masing-masing siklus meliputi empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, (4) analisis dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X AKL 1 SMK Wikarya Karanganyar yang berjumlah 20 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik, menggunakan teknik  pengumpulan  data  dengan  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kritis untuk data kualitatif dan teknik statistik deskriptif komparatif untuk data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran  SAVI berbantuan media Teka Teki Akuntansi berbasis e-learning terdapat peningkatan   keterampilan kerjasama peserta didik pada pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Penelitian ini menetapkan indikator capaian keberhasilan keterampilan kerjasama sebesar 62,5% atau termasuk dalam kategori baik. Pada  pra tindakan diperoleh rata-rata persentase indikator keterampilan kerjasama sebesar 43,52%, termasuk dalam kategori tidak baik. Pada siklus I mengalami peningkatan, rata-rata persentase keterampilan kerjasama sebesar   57,72%, termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus II juga mengalami peningkatan, rata- rata  persentase  indikator  keterampilan  kerjasama  72,84%,  termasuk  dalam kategori baik. Berdasarkan penelitian ini, model  pembelajaran  SAVI berbantuan media Teka Teki Akuntansi berbasis e-learning dapat meningkatkan keterampilan kerjasama.

Kata Kunci: SAVI berbasis e-learning, Teka Teki Akuntansi, keterampilan kerjasama

 

×
Penulis Utama : Vinky Febriyani Cahya Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7716073
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual) Berbantuan Media Teka-Teki Akuntansi (TTA) Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik Kelas X Akl SMK Wikarya Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K7716073-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Sumaryati, S.Pd., M.Pd.
2. Jaryanto, S.Pd, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.