Penulis Utama : Fajar Setya Wulandari
NIM / NIP : K8115020
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreasi ecobrickmelalui pengolahan barang bekas terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design berbentuk Non Equivalent Control Grup Design. Penelitian dilaksanakan selama satu bulan dengan 6 kali pertemuan pada setiap kelompok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah 43 anak yang terdiri dari kelompok eksperimen berjumlah 22 anak sedangkan kelompok kontrol berjumlah 21 anak. Analisis data terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil uji prasyarat menggunakan Shapiro Wilk dan Levene Test for Equality of Variance yang menunjukkan bahwa data bersifat normal dan homogen. Sedangkan pada uji hipotesis menggunakan Independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest kelompok eksperimen dan kontrol adalah 25,5 dan 23,47 dengan nilai signifikansi 0,124. Sedangkan rata-rata posttest kelompok eksperimen dan kontrol adalah 33,77 dan 28,04 dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai signifikansi posttest kelompok eksperimen dan kontrol 0,000 ? 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang artinya kreasi ecobrick berpengaruh terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun.

Kata kunci : Perkembangan Motorik Halus, Pengolahan Barang Bekas, Ecobrick, Anak Usia 5-6.

 

×
Penulis Utama : Fajar Setya Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115020
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Kreasi Ecobrick Melalui Pengolahan Barang Bekas Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. PG-PAUD-K8115020-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi S.Sn., M.A
2. Novita Eka Nurjanah M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.