Penulis Utama : Mein Fitri Fathonah
NIM / NIP : K8115035
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media audio visual terhadap kecerdasan visual spasial pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain nonequivalent design. Sampel penelitian ini sejumlah 41 anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 1 Nusukan dan TK Aisyiyah 3 Nusukan, Surakarta. Validitas instrumen menggunakan validitas isi.Teknik pengumpulan data melalui tes untuk mengukur kecerdasan visual spasial anak.Uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan kolmogrovsmirnov dan lavene test of equality of variance. Analisis data penelitian menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikansi p>0,05. Uji hipotesis menggunakan t-test denganSPSS 15 for windows.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pertama, hasil kedua kelompok menunjukkan adanya peningkatan, rata-rata pretestkelompok eksperimen sebesar 27,13 meningkat menjadi 34,81 pada saat posttest, sedangkan rata-rata pretest kelompok kontrol sebesar 25,36 meningkat menjadi 30,57pada saat posttest. Kedua, terdapat efektivitas media audio visual terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun, dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (p>0,05). Hal ini membuktikan bahwa hampir seluruh anak pada kelompok eksperimen telah mampu dalam  mengelompokkan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran, mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya, menggambar suatu macam benda atau objek yang telah dilihat, dan menggambar berbagai bentuk yang berbeda-beda.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa media audio visual memberikan efektivitas terhadap kecerdasan visual spasial pada anak kelompok B TK Aisyiyah 1 Nusukan Surakarta.

Kata Kunci: Media Audio Visual, Kecerdasan Visualspasial, Anak Usia Dini

 

×
Penulis Utama : Mein Fitri Fathonah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115035
Tahun : 2020
Judul : Efektivitas Media Audio Visual Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 5-6 Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. PG-PAUD-K8115035-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Wahyuningsih, M.Pd.
2. Muhammad Munif Syamsuddin, S.PdI., MA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.