Penulis Utama : Riska Ayu Kurniawati
NIM / NIP : K8115052
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan seksualitas melalui media lagu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK At Tamyiz Surakarta tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari Teknik pengumpulan data menggunakan unjuk kerja, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Uji validitas data kualitatif pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik, sedangkan uji validitas data kuantitatif menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis data deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif menggunakan analisis model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada pengetahuan seksualitas anak yaitu persentase ketuntasan pada indikator membedakan laki-laki dan perempuan sebesar 100%, indikator membedakan organ intim laki-laki dan perempuan sebesar 77,78% dan indikator melindungi diri dari kekerasan seksual dan bullying sebesar 88,89%. Peningkatan tersebut ditandai dengan keberhasilan anak dalam membedakan laki-laki dan perempuan, mampu menyebutkan organ intim laki-laki dan perempuan, dan menyebutkan cara melindungi diri dari kekerasan seksual dan bullying. kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendidikan seksualitas melalui media lagu dapat meningkatkan pengetahuan seksualitas pada anak usia 5-6 tahun.

Kata kunci : Pendidikan Seksualitas, Lagu, Pengetahuan Seksualitas, Anak Usia 5-6  Tahun

 

×
Penulis Utama : Riska Ayu Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115052
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Pendidikan Seksualitas Melalui Media Lagu Anak Pada Anak Usia 5-6 Tahun Guna Meningkatkan Pengetahuan Seksualitas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. PG-PAUD-K8115020-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Wahyuningsih, M.Pd.
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas S.Psi., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.