Penulis Utama : Ruruh Ayu Murti Anandya Rachmawati
NIM / NIP : K8115055
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar  melalui Animal Fun pada anak kelompok A1 TK Negeri Pembina Kecamatan Jebres tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A1 TK Negeri Pembina Kecamatan Jebres tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 18 anak, yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak dan guru.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dengan cara unjuk kerja, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui Animal Fun yakni 1) melempar bola dengan arah terkontrol, 2) menendang bola dengan arah ke depan, 3) melompat 4-6 langkah lompatan bertumpu pada 2 kaki, dan 4) menirukan gerakan hewan dengan intruksi. Hal tersebut membuktikan bahwa Animal Fun dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok A1 TK Negeri Pembina Kecamatan Jebres.
Keseluruhan peningkatan persentase ketuntasan keterampilan motorik kasar  anak secara klasikal setelah diterapkan Animal Fun dimana pratindakansebesar 33,4%, siklus I sebesar 50% dan siklus II sebesar 83,3%. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui Animal Fun dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok A1 TK Negeri Pembina Kecamatan Jebres tahun ajaran 2018/2019. Temuan lain dari penerapan Animal Fun adalah adanya peningkatan pada aspek sosial anak.

Kata Kunci: Ketrampilan Motorik Kasar, Animal Fun, Anak Usia Dini

 

×
Penulis Utama : Ruruh Ayu Murti Anandya Rachmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115055
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Animal Fun Pada Anak Kelompok A1 di TK Negeri Pembina Kecamatan Jebres Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. PG-PAUD-K8115055-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum.
2. Novita Eka Nurjanah, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.