Penulis Utama : Zazin Fauziah
NIM / NIP : K8115068
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok B2 TK Negeri Pembina Jebres Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 melalui metode sosiodrama. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dan dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B2 TK Negeri Pembina Jebres Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 21 anak terdiri dari 12 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data penelitian keas ini adalah guru dan anak.

Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui unjuk kerja, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif komparatif dan analisis data kualitatif deskriptif interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui penerapan metode sosiodrama anak mampu dalam ketepatan mengucapkan kata, mengucapkan kalimat , serta kelancaran berbicara sehingga melalui metode dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B2 TK Negeri Pembina Jebres Surakarta.

Pada pratindakan diperoleh ketuntasan keterampilan berbicara sebanyak 8 dari 13 anak atau sebesar 38%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan keterampilan berbicara anak mengalami peningkatan menjadi 42,8% atau sebanyak 9 anak. pada siklus II kembali mengalami peningkatan menjadi 61,9% atau sebanyak 13 anak mengalami nilai tuntas. Siklus III kembali mengalami peningkatan secara signifikan menjadi sebesar 81% atau sebanyak 17 anak mengalami nilai tuntas. Berdasarkan uraian diatas, hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama tiga siklus tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok B2 TK Negeri Pembina Jebres Surakarta.

Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Anak Usia Dini, Metode Berbicara

 

×
Penulis Utama : Zazin Fauziah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115068
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Sosiodrama Pada Anak Kelompok B2 TK Negeri Pembina Kecamatan Jebres Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. PG-PAUD-K8115068-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Wahyuningsih, M.Pd.
2. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.