Penulis Utama : Zunia Rizki Nur Amalia
NIM / NIP : K8115069
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan  melalui metode edutainment pada anak kelompok A TK Aisyiyah 56 Gulon tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah anak kelompok A TK Aisyiyah 56 Gulon tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 17 anak, yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Sumber data dalam penelitian adalah anak dan guru.
Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu anak dan guru. Sumber data sekunder yaitu arsip dan dokumen pembelajaran. Hasil penilaian anak berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu unjuk kerja, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif model interaktif menggunakan Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan mengenal lambang bilangan yaitu pada pratindakan sebesar 41% yang mengalami ketuntasan. Peningkatan persentase pada siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 59% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 81% telah mencapai ketuntasan. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan keberhasilan anak dalam mengerjakan tugas seperti menunjukkan lambang bilangan secara benar, menirukan lambang bilangan, menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda secara tepat. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat  ditarik kesimpulan bahwa metode edutainment jenis bermain bowling dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A TK Aisyiyah 56 Gulon tahun ajaran 2018/2019.

Kata Kunci : Lambang bilangan, Metode Edutainment, Anak kelompok A.

 

×
Penulis Utama : Zunia Rizki Nur Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8115069
Tahun : 2020
Judul : Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok A Tk Aisyiyah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. PG-PAUD-K8115069-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi, S.Sn., M.A.,
2. Muh. Munif Syamsudin, S.Pd.I, M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.