Penulis Utama : Khontri Aminatun
NIM / NIP : K8116037
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi motorik anak melalui penerapan permainan lari estafet modifikasi. Penelitian dilaksanakan pada anak kelompok B TK Pertiwi 02 Gedong Karanganyar dengan jumlah anak 15 orang anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak dan guru.
Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu anak dan guru sedangkan sumber data sekunder yaitu arsip dan dokumen pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui unjuk kerja, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan permainan lari estafet modifikasi terdapat peningkatan pada kompetensi motorik anak yaitu pada pratindakan sebesar 47%, siklus I sebesar 60% dan siklus II sebesar 87%. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan keberhasilan anak dalam kompetensi motorik seperti berlari pada jalur zig-zag, melompat pada bidang engklek dan berjalan maju pada garis lurus. Berdasarkan uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui penerapan permainan lari estafet modifikasi dapat meningkatkan kompetensi motorik anak kelompok B TK Pertiwi 02 Gedong Karanganyar tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci : Kompetensi motorik, lari estafet modifikasi, anak usia 5-6 tahun

 

×
Penulis Utama : Khontri Aminatun
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8116037
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Permainan Lari Estafet Modifikasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Motorik Anak Kelompok B TK Pertiwi 02 Gedong Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. PG-PAUD-K8116037-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Upik Elok Endang Rasmani, M.Pd
2. Muh. Munif Syamsudin, S.Pd.I, M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.