Penulis Utama : Nur Hasna Pratiwi
NIM / NIP : K8116046
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana anak melalui kegiatan kesiapsiagaan bencana banjir pada anak kelompok B2 TK Aisyiyah 34 Karangturi Surakarta tahun 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi. Subjek dan sumber data pada penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Aisyiyah 34 Karangturi Surakarta yang berjumlah 13 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes objektif dalam bentuk soal Benar-Salah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan mitigasi bencana anak setelah pemberian tindakan dengan melakukan kegiatan kesiapsiagaan bencana banjir. Pada pra siklus diperoleh ketuntasan klasikal pengetahuan mitigasi bencana sejumlah 5 anak (38,46%). Pada siklus I diperoleh ketuntasan pengetahuan mitigasi bencana sejumlah 8 anak (61,54%). Pada siklus I ini anak mengalami peningkatan yang signifikan pada indikator menunjukkan gambar menyelamatkan diri dari bencana banjir. Pada siklus II ketuntasan pengetahuan mitigasi bencana anak mengalami peningkatan sejumlah 11 anak (84,61%). Anak menunjukkan hasil peningkatan yang signifikan yaitu pada indikator cara mengurangi risiko bencana banjir di siklus II ini. Berdasarkan uraian diatas, maka kesimpulan penelitian ini adalah melalui kegiatan kesiapsiagaan bencana banjir dapat meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana anak kelompok B2 TK Aisyiyah 34 Karangturi Surakarta.

Kata Kunci: Anak usia dini, banjir, kesiapsiagaan bencana, mitigasi bencana.

 

×
Penulis Utama : Nur Hasna Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8116046
Tahun : 2020
Judul : Meningkatkan Pengetahuan Mitigasi Bencana Melalui Kegiatan Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Anak Kelompok B2 TK Aisyiyah 34 Karangturi Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. PG-PAUD-K8116046-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Upik Elok Endang Rasmani, M.Pd
2. Nurul Shofiatin Zuhro, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.