Penulis Utama : Ardiyan Agung Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4416009
Tahun : 2020
Judul : Peranan Museum Keris Nusantara Sebagai Media Pembelajaran Sejarah SMA di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Pendidikan Sejarah-K4416009-2020
Subyek : MUSEUM, MEDIA PEMBELAJARAN, SEJARAH, SENJATA TRADISIONAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) koleksi Museum Keris Nusantara ditinjau dari perspektif pendidikan sejarah, (2) peranan Museum Keris Nusantara sebagai media pembelajaran sejarah SMA di Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk memperoleh data berupa deskripsi yang mendalam dan bermakna. Strategi penelitian menggunakan studi kasus terpancang untuk menggali koleksi Museum Keris Nusantara ditinjau dari perpektif pendidikan sejarah serta peranan Museum Keris Nusantara sebagai media pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas dan sederajatnya di kota Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik time sampling dan purposive sampling. Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif, dengan komponen analisis meliputi reduksi data, sajian data dan penyimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ditinjau dari perspektif pendidikan sejarah Museum Keris Nusantara memiliki koleksi-koleksi berupa keris dan senjata tradisional yang relevan dengan materi pembelajaran sejarah. Keris merupakan senjata tradisional peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia yang kaya akan makna filosofis yang luhur. Koleksi-koleksi Museum Keris Nusantara dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah untuk membantu membentuk kesadaran sejarah pada diri peserta didik sebagai generasi muda pewaris peradaban bangsa Indonesia. Koleksi Museum Keris Nusantara dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah di tingkat SMA dan sederajatnya sesuai dengan materi yang tercantum pada Kurikulum 2013 yaitu pada materi kelas X mengenai karateristik kehidupan masyarakat Nusantara pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Budha dan Islam. (2) Peranan Museum Keris Nusantara sebagai media pembelajaran sejarah yaitu dapat bermanfaat dalam membantu memperjelas pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran, khususnya pada materi Sejarah Indonesia kelas X SMA dan sederajatnya mengenai peninggalan kebudayaan masyarakat Nusantara pada masa Hindu-Budha. Museum Keris Nusantara juga dapat menambah antusiasme peserta didik dan memperkaya aktifitas belajar peserta didik selama kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci    : Museum, Media Pembelajaran, Sejarah, Senjata Tradisional

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Awal.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. 3. Dr. Hieronymus Purwanta, M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP