Penulis Utama : Aileen Vincentia Beatrice
NIM / NIP : B3317003
×

ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi metode dan teknik yang dipakai untuk menerjemahkan buku panduan dengan mempertimbangkan 3 aspek dalam kualitas terjemahan, yakni aspek keakuratan, keberterimaan, dan keterbacaan serta mengetahui kendala yang muncul selama proses penerjemahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan 2 jenis sumber data, sumber data primer yaitu buku panduan dalam bahasa Mandarin serta informasi dari pihak PT Mulia Cipta Teknologi mengenai cara kerja dan pengoperasian alat HC Cleaner dan sumber data sekunder yang berupa hasil dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan melalui identifikasi metode dan teknik yang digunakan dalam menerjemahkan buku panduan serta wawancara dengan pihak perusahaan.
     Metode yang digunakan untuk menerjemahkan buku panduan tersebut adalah metode penerjemahan harfiah dan metode penerjemahan komunikatif, sedangkan teknik yang digunakan adalah teknik terjemahan harfiah, padanan lazim, generalisasi, dan reduksi. Berdasarkan penelitian, kendala yang dihadapi adalah keterbatasan pengetahuan dan kosakata dalam bidang teknik, kata yang belum memiliki padanan yang tepat, serta kesulitan dalam memeriksa hasil terjemahan sendiri. Maka dari itu perlunya penguasaan lebih mendalam mengenai kosakata di bidang yang khusus serta pemahaman dasar terhadap teks yang diterjemahkan. Luaran yang dihasilkan melalui kegiatan magang ini berupa buku terjemahan, mengenai cara penggunaan mesin HC Cleaner. Kiranya Tugas Akhir ini dapat bermanfaat, memberikan gambaran bagi penerjemah buku, dan buku yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi perusahaan.

Kata kunci :
Metode Penerjemahan, Teknik Penerjemahan, HC Cleaner

 

×
Penulis Utama : Aileen Vincentia Beatrice
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3317003
Tahun : 2020
Judul : Metode dan Teknik Penerjemahan Bahasa Mandarin Ke Bahasa Indonesia pada Buku Panduan Kontrol Otomatis Alat Hc Cleaner ????????????yang Dipakai di PT Mulia Cipta Teknologi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : -
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Bahasa Mandarin - B3317003-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 2. Dian Prasetyo Adi, B. Ed., MTCSOL
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.