Penulis Utama : Hendri Setiyawan
NIM / NIP : B3317021
×

ABSTRAK

Kesalahpahaman   komunikasi   antara   kepala   departemen   dengan   karyawan produksi sering terjadi, karena tidak adanya seorang penerjemah pada bagian departemen stone cutting untuk menjadi alat bantu komunikasi. Dengan membuat daftar kosakata sebagai alat bantu komunikasi diharapkan dapat meminimalisir kesalahpahaman komunikasi antara pimpinan departemen dengan karyawan produksi. Metode penulisan yang dipakai dalam membuat daftar kosakata yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan dan pengembangan, pengembangan produk, evaluasi dan revisi, serta uji coba. Kosakata dibagi menjadi 4 jenis kosakata yaitu kata kerja, kata sifat, kata benda dan kosakata tambahan dengan menambahkan media gambar, serta cara pelafalan yang disesuaikan dalam lafal bahasa Indonesia.
P.T Gemopia Indonesia telah mempunyai daftar terjemahan kosakata sebelumnya, namun daftar kosakata tersebut masih belum lengkap, serta karyawan masih kesulitan untuk memahaminya, maka dari itu dengan memperbarui daftar kosakata, yang ditambahkan dengan kosakata yang sering digunakan di departemen Stone Cutting bagian epoxy, serta menambahkan gambar beserta cara pelafalan yang disesuaikan dengan pelafalan bahasa Indonesia, diharapkan dapat membantu karyawan dalam memahami daftar kosakata tersebut. Daftar kosakata ini    nantinya    dapat dikembangkan lagi dan dibuat lebih kreatif lagi supaya karyawan yang tidak mempunyai kemampuan berbahasa mandarin dapat menggunakannya untuk berkomunikasi dengan staf maupun pekerja dari Tiongkok.

Kata kunci : Penerjemahan, kosakata, media gambar

 

×
Penulis Utama : Hendri Setiyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3317021
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Penerjemahan Kosakata dengan Menggunakan Media Gambar pada Departemen Stone Cutting Bagian Epoxy P.T Gemopia Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : -
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Bahasa Mandarin - B3317021-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dani Putri Septi Kusumaningtyas, B.Ed., MTCSOL
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.