Penulis Utama : Rima Isnaini Hidayah
NIM / NIP : K8116052
×

Abstrak

Tujuan penelitian dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan bercerita melalui media shadow puppet pada anak kelompok B TK Aisyiyah Manggis Karanganyar tahun ajaran 2019/2020. Hal tersebut didasari oleh kondisi awal yang menunjukkan bahwa kemampuan bercerita anak masih perlu dioptimalkan. Kemampuan bercerita anak kurang distimulasi oleh guru. Karena kurang keterlibatan anak dalam bercerita, media yang kurang inovasi dan rasa malu menyampaikan cerita.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Manggis yang berjumlah 24 anak, terdiri dari 13 anak  laki-laki dan 11 anak perempuan. Teknik pengumpulan  data dilakukan  melalui observasi,  wawancara,  unjuk  kerja,  dan   dokumentasi.  Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Metode dalam penelitian ini menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart melalui empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus yangmana setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui media shadow puppet terjadi peningkatan kemampuan bercerita anak pada setiap siklusnya. Pada siklus I meningkat sebesar 58% atau 14 anak dan siklus II meningkat sebesar 83% atau 20 anak. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui media shadow puppet dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok B TK Aisyiyah Manggis Tahun Ajaran 2019/2020.

Kata kunci : kemampuan bercerita, media shadow puppet, anak kelompok B

 

×
Penulis Utama : Rima Isnaini Hidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8116052
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Shadow Puppet Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Manggis Karanganyar Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. PG-PAUD-K8116052-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi, S.Sn, M.A
2. Anjar Fitrianingtyas, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.