Penulis Utama : Arbhito Iqbal Pratomo
NIM / NIP : K8415010
×

Abstrak

Pendidikan merupakan aspek penting dalam membangun karakter anak bangsa. Melalui program pendidikan pemerintah berusaha membangun kebijakan penanaman nilai-nilai berbasis budaya. Berbagai permasalahan kasus penyimpangan anak terkait dengan lunturnya nilai Tata Krama yang jmenjadi dasar sebuah kebijakan pendidikan karakter. Salah satunya dengan cara melalui budaya lokal seni karawitan pada siswa di SMA Negeri 1 Boyolali. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Mengkaji fungsi  mata pelajaran seni budaya karawitan dalam internalisasi Tata Krama Jawa Pada Siswa SMA N 1 Boyolali. (2) Mengkaji tentang bagaimana pola interaksi antar pelaku yang terlibat saat pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya Karawitan dalam internalisasi Tata Krama Jawa pada siswa SMA Negeri 1 Boyolali.
Penelitian dengan judul Fungsi Mata Pelajaran Seni Budaya Karawitan dalam  Internalisasi Tata Krama Jawa Pada Siswa SMA Negeri 1 Boyolali merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi baik foto maupun video. Informan dalam sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa dan ahli karawitan. Teknik pengambilan  subjek penelitian/informan dengan cara purposisve sampling. Sedangkan tekhnik uji validitas data dengan cara triangulasi sumber. Analisis data penelitian dilakukan dengan cara teknik analisis interaktif meliputi: pengumpulan data, penyajian data kemudian proses reduksi data dengan cara memilah data inti atau data pokok yang digunakan setelah itu verifikasi data dengan  penarikan kesimpulan hasil penelitian. Fokus teori penelitian ini menggunakan teori Interaksionisme Simbolik Herbert Blumer.
Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian yang telah dilakukan adalah sebagaiberikut: (1) fungsi mata pelajaran seni budaya karawitan dalam internalisasi tata krama jawa bagi SMA Negeri 1 Boyolali adalah sebagai mata pelajaran yang sejajar dengan mata pelajaran lain. (2) Internalisasi Tata Trama jawa melalui pola interaksi antar pelaku yang terlibat  dalam mata pelajaran seni karawitan dengan analisis interaksi simbolik melalui isyarat dan kode dalam seni karawitan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pembaca baik segi teoritis maupun praktis. Dengan hasil yang diperoleh diharapkan dapat menambah wawasan bagi penelitian sejenis guna mengembangkan analisis teori Interaksionisme Simbolik tersebut.  Kususnya menambah pengetahuan konsumsi simbol musik dalam interaksi kelompok dalam bermain musik karawitan.

Kata Kunci: Interaksi, Internalisasi, Karawitan , Simbol

 

×
Penulis Utama : Arbhito Iqbal Pratomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8415010
Tahun : 2020
Judul : Fungsi Mata Pelajaran Seni Budaya Karawitan Dalam Internalisasi Tata Krama Jawa Pada Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Boyolali)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8415009-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sigit Pranawa, M.Si.
2. Siany Indria L., S.Ant
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.