Penulis Utama : Muh Harun Arrasyid
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0215066
Tahun : 2020
Judul : Cyberbullying dalam Permainan Smartphone (Fenomena Cyberbullying di Kalangan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret pada Permainan Mobile Legends)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS – F. Ilmu Sosial dan Politik, Prog. Studi Ilmu Administrasi Negara – D0215066- 2020
Subyek : CYBERBULLYING, MOBILE LEGENDS, GAME ONLINE, MEDIA BARU.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Mobile Legends menjadi salah satu permainan online di smartphone yang paling populer di Indonesia pada tahun 2019. Tidak hanya populer di kalangan pemain kasual namun juga di kalangan profesional dengan diselenggarakannya turnamen  Mobile  Legends  oleh  pemerintah  bertajuk  “Piala  Presiden  E-Sport
2019”.  Namun,  satu  hal  yang  perlu  diwaspadai  dari  populernya  game  online seperti ini adalah perilaku cyberbullying. Seperti yang diutarakan oleh McInroy & Mishna melalui studi yag dilakukan, terdapat hubungan antara intensitas bermain game yang tinggi dengan meningkatnya perilaku cyberbullying.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk cyberbullying yang terjadi di Mobile Legends, tujuan pelaku melakukan cyberbullying, serta dampak psikologis & sosial yang dialami oleh korban. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan mahasiswa UNS menjadi populasi penelitian dan teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk cyberbullying yang dominan dilakukan di game Mobile Legends adalah flaming dan harassment. Terdapat 3 tujuan utama dari pelaku melakukan cyberbullying yaitu: (1) untuk melampiaskan rasa kesal mereka kepada pemain lain, (2) membuat pemain lain sadar akan  kesalahan  yang dilakukannya  saat  bermain,  dan  (3) sekedar  iseng karena mengikuti pemain lain yang melakukan cyberbullying. Sesuai hasil penelitian yang dilakukan, para korban tidak mengalami dampak psikologis yang mendalam.  Para  informan  sudah  menganggap  hal  tersebut  sebagai  salah  satu bagian dari dunia game online.

Kata kunci: cyberbullying, Mobile Legends, game online, media baru.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BEBAS PERPUSTAKAAN-D0215066-Skripsi-Muh Harun Arrasyid2.pdf
BAB 0.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Monika Sri Yuliarti, S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP