Penulis Utama : Ima Apriyani
NIM / NIP : K8416038
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengrajin di Desa Wisata Rotan Trangsan dalam mempertahankan eksistensi industri rumah tangga kerajinan rotan setelah mengalami pasang surut dan mengalami beberapa kendala dalam produksi, pemasaran dan distribusi.

Dengan menggunakan Teori Pilihan Rasional yang dikemukakan oleh James Coleman dan pendekatan kualitatif serta jenis penelitian deskriptif, penelitian melibatkan 15 informan termasuk 10 pengrajin rotan, 1 kepala desa, 1 pengurus klaster industri, 1 pengurus kelompok sadar wisata, 1 reseller dan 1 konsumen. Mereka berpartisipasi dalam pelaksanaan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasilnya divalidasi berdasarkan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data dianalisis dengan analisis model Miles dan Huberman, melalui pengumpulan, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengrajin memiliki strategi untuk mempertahankan eksistensi kerajinan rotan. Secara umum strategi pengrajin terbagi menjadi dua yaitu str ategi produksi dan strategi pemasaran (distribusi). Dalam strategi produksi terbagi 4 faktor yaitu: modal, bahan baku, tenaga kerja dan proses produksi. Modal usaha terdiri dari modal pribadi dan modal pinjaman. Untuk mendapatkan bahan baku yang bermutu secara ekonomis dari Kalimantan dan Sulawesi sesuai dengan kemampuan modal, pengrajin bisa membeli di agen distributor Surabaya, Trangsan ataupun koperasi. Untuk mendapatkan tenaga kerja yang terampil dan berpengalaman, pengrajin dibantu anggota keluarga, karyawan tetap dan atau borongan. Proses produksi dilakukan dengan menjaga kualitas produk, menerapkan sistem pre-order, produksi barang tertentu dan melakukan inovasi. Sedangkan dalam strategi pemasaran dan distribusi, pengrajin melakukan: Gethok Tular, Grebeg Penjalin dan pameran, membangun jaringan sosial, direct selling, onlie shop, serta penentuan harga jual. Tindakan-tindakan tersebut dilakukan berdasarkan pilihan rasional pengrajin, dipilih yang paling menguntungkan dan maksimal manfaatnya. Beberapa saran kebijakan dan program juga disediakan untuk pengrajin dan stakeholder.

Kata kunci: Pengrajin, Strategi, Eksistensi, Pilihan Rasional

×
Penulis Utama : Ima Apriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8416038
Tahun : 2020
Judul : Strategi Pengrajin Dalam Mempertahankan Eksistensi Kerajinan Rotan (Studi di Desa Wisata Rotan Trangsan Gatak Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8416038-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sigit Pranawa, M.Si.
2. Abdul Rahman, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.