Penulis Utama : Rafie Ali Dae’i
NIM / NIP : K8416055
×

Abstrak

Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang besar serta berbagai dampak terhadap pengemudi ojek online. Pandemi mengharuskan mereka melakukan usaha lebih guna mempertahankan kehidupannya. Maka dari itu bagi para pengemudi ojek online diperlukannya suatu strategi bertahan hidup selama masa pandemi berlangsung.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji strategi bertahan yang dilakukan pengemudi ojek online saat pandemi Covid-19 di Kota Surakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik sampling yang digunakan merupakan purposive sampling dalam menentukan informan. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara serta observasi dan data sekunder yang diperoleh dari berita. Kemudian data dianalisis menggunakan teori etika subsistensi dari James Scott.

Hasil temuan data menunjukan pengemudi ojek online merasakan dampak yang signifikan khususnya dalam bidang ekonomi selama berlangsungnya pandemi Covid-19 di Kota Surakarta. Terdapat tiga strategi utama yang dilakukan oleh pengemudi ojek online. Pertama, mengikat sabuk lebih kencang dengan meminimalisir pengeluaran. Kedua, alternatif subsistensi dengan melakukan pekerjaan lain di luar pekerjaan utamanya. Ketiga, memanfaatkan relasi/jaringan yang dimiliki baik komunitas maupun keluarga.

Kata Kunci: Covid-19, Ojek Online, Strategi Bertahan Hidup.

 

×
Penulis Utama : Rafie Ali Dae’i
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8416055
Tahun : 2020
Judul : Strategi Bertahan Hidup Ojek Online Pada Pandemi Covid-19 (Studi Fenomenologi Pengemudi Ojek Online di Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8416055-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Okta Hadi Nurcahyono, S.Pd, M.Si, M.A
2. Dr. Sigit Pranawa, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.